5 Penyebab Brasil Kalah dari Kroasia di Perempatfinal Piala Dunia 2022, Nomor 1 Dominik Livakovic! -->

5 Penyebab Brasil Kalah dari Kroasia di Perempatfinal Piala Dunia 2022, Nomor 1 Dominik Livakovic!

Sabtu, 10 Desember 2022

Timnas Kroasia sukses mengalahkan Brasil di perempatfinal Piala Dunia 2022


SEBANYAK 5 penyebab Brasil kalah dari Kroasia di perempatfinal Piala Dunia 2022 akan diulas dalam artikel Okezone kali ini. Selecao -julukan Timnas Brasil- harus angkat koper usai dihancurkan Vatreni -julukan Kroasia- lewat drama adu penalti.


Laga tersebut berlangsung di Education City Stadium, Qatar pada Jumat (9/12/2022). Kedua tim bermain imbang di waktu normal 0-0, dan juga 1-1 di perpanjangan waktu, sebagaimana dikutip Okezone.com.


Brasil pun harus mengakui keunggulan Kroasia usai dilibas lewat drama adu penalti. Terdapat 5 penyebab Brasil kalah dari Kroasia di perempatfinal Piala Dunia 2022.


Berikut 5 penyebab Brasil kalah dari Kroasia di perempatfinal Piala Dunia 2022


5. Pertahanan Solid Kroasia


Brasil sejatinya tampil dominan selama pertandingan berlangsung. Namun, Kroasia juga mampu menampilkan pertahanan yang apik.


Neymar Jr dan kolega dibuat kesulitan menembus lini pertahanan Vatreni. Bahkan, mereka baru bisa mencetak gol di babak perpanjangan waktu.


4. Semangat Juang Kroasia


Timnas Kroasia juga tak ingin menelan kekalahan di laga ini. Sebab, mereka memiliki tujuan untuk meraih prestasi yang lebih tinggi dari edisi sebelumnya.


Sebagaimana diketahui, Kroasia mampu melaju ke babak final Piala Dunia 2018 lalu. Sayangnya, mereka harus tumbang di tangan Prancis, Luka Modric dan kolega pun tentu tak ingin melewatkan kesempatan kali ini.


3. Formasi Jitu Kroasia


Sepanjang pertandingan, Kroasia sukses menjalankan formasi dan strategi dengan sangat baik. Mereka bahkan berhasil meredam Neymar Jr sepanjang laga.


Tak hanya Neymar Jr, Kroasia juga mampu menghentikan laju pemain kunci Brasil lainnya. Contohnya pergerakan Vinicius Jr yang tak seleluasa biasanya.


2. Percaya Diri Tinggi Kroasia


Vatreni juga menunjukkan kepercayaan diri dalam pertandingan ini. Modal tersebut menjadi senjata paling ampuh dalam mengalahkan Brasil.


Terbukti, meski dalam tekanan mereka tetap tenang dalam menjaga lini pertahanan. Bahkan Dejan Lovren dan para pemain belakang Kroasia lainnya tetap berada di pos dan tidak terpancing gaya bermain Brasil.


1. Penampilan Apik Dominik Livakovic


Terakhir adalah penampilan apik dari kiper Kroasia, Dominik Livakovic. Livakovic sukses menjadi pahlawan dalam pertandingan ini.


Livakovic mampu menjadi tembok terakhir dan menjaga gawang Kroasia tetap aman. Tak hanya itu, ia juga sukses mengamankan satu tendangan penalti pemain Brasil.


Kiper Dinamo Zagreb itu memang tengah menjadi buah bibir di Piala Dunia 2022. Bagaimana tidak, ia mampu tampil gemilang sepanjang gelaran terbesar sepakbola dunia edisi kali ini.


Bahkan, Livakovic juga mampu mengamankan gawang Kroasia ketika berhadapan dengan Jepang di babak 16 besar. Laga tersebut juga lanjut ke babak adu penalti, kala itu ia berhasil menepis tiga tendangan pemain Samurai Biru -julukan Jepang. (*)