Bupati Solsel Terima Penghargaan BUKA Award 2022 -->

Bupati Solsel Terima Penghargaan BUKA Award 2022

Selasa, 13 Desember 2022
Bupati Solok Selatan Khairunas, saat menerima penghargaan BUKA. Aword keterbukaan i formasi.


Solsel, fajarsumbar.com - Bupati Solok Selatan H. Khairunas menerima penghargaan BUKA Award 2022. Penghargaan ini diterima atas komitmen dan konsistensinya dalam mendukung keterbukaan informasi di Solok Selatan. 


Penghargaan ini diserahkan oleh Ketua Komisi Informasi (KI) SUmatera Barat dan HM Nurnas yang merupakan Penasehat KI Sumatera Barat di Hotel Truntum, Padang, Senin, (12/12/2022). 


Koordinator Tim BUKA Award Almudazir mengatakan BUKA Award ini merupakan hasil dari kolaborasi dan sinergisitas jejaring strategis Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat dan Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP). Penghargaan ini diberikan kepada para tokoh pejabat publik di badan publik di Sumatera Barat maupun pusat. 


"BUKA Award merupakan apresiasi setiap akhir periode tugas KI Sumbar yang dipersembahkan untuk tokoh pejabat publik di Sumbar maupun di pusat pemerintahan," kata Almudazir seperti dikutip dari padek.jawapos.com. 


Kandidat penerima penghargaan ini merupakan pejabat publik hasil dari penelusuran rekam jejaknya dalam keterbukaan informasi di mesin pencari dan media sosial, lalu dilakukan telaah literasi. 


BUKA Award merupakan penghargaan empat tahunan yang diserahkan oleh Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat di akhir periode. Ini merupakan BUKA Award kedua yang dilaksanakan. 


"Pada pelaksanaan kedua ini metode pemilihan menerapkan beberapa tahapan bersama FJKIP Sumbar yang berkordinasi dan konsultasi dengan KI Sumatera Barat," kata Adrian Tuswandi, Komisioner KI. 


BUKA Award ini bagian dari upaya pegiat keterbukaan informasi seperti FJKIP Sumbar sebagai mitra dan jejaring strategis KI Sumbar dalam penerapan masif keterbukaan informasi publik. 


Usai menerima penghargaan, Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan keterbukaan informasi merupakan salah satu bentuk pelayanan pemerintah kabupaten kepada publik. Selain itu juga sebagai bentuk transparansi kinerja pemerintah untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. 


"Kami komit untuk terus mendukung keterbukaan informasi kepada publik sebagai salah satu bentuk transparansi penyelenggaraan pemerintah," kata Khairunas usai menerima penghargaan ini. 


Ia juga menyampaikan terima kasih kepada FJKIP dan Komisi Informasi yang telah mempercayakan BUKA Award tersebut kepadanya, dan penghargaan tersebut menurut Khairunas adalah motivasi untuk menjadi lebih baik lagi. 


Dalam upaya menyatakan komitmennya dalam melaksanakan keterbukaan informasi, pada Oktober 2022 lalu Bupati dan jajarannya telah telah menandatangani komitmen bersama keterbukaan informasi publik di Solok Selatan, serta meluncurkan aplikasi PPID berbasis android, sehingga masyarakat dengan mudahnya dapat menikmati berbagai informasi publik. (abg)