Deretan Rudal Milik Israel yang Paling Mematikan -->

Iklan Atas

Deretan Rudal Milik Israel yang Paling Mematikan

Jumat, 16 Desember 2022

Foto

JAKARTA - Israel merupakan negara Asia Barat yang dikelilingi oleh Laut Mediterania, Lebanon, Suriah, Palestina, Yordania, dan Mesir. Selain itu, dikelilingi oleh dua wilayah Otoritas Palestina: Jalur Gaza dan Tepi Barat. Dengan populasi 7,5 juta jiwa, Israel adalah satu-satunya negara Yahudi di dunia.


Pembentukan negara mayoritas Yahudi dibenci oleh sebagian besar negara Arab karena menduduki wilayah Palestina. Negara Yahudi itu lebih mengandalkan manufaktur dan ekspor peralatan pertahanannya.


Israel membuat senjata yang diminati oleh banyak orang, senjata bernilai ratusan miliar dolar dijual ke negara lain. Rudal adalah senjata Israel yang paling banyak diekspor. Pada 2021, Israel menjual rudal mereka seharga USD11,3 miliar,  sebagaimana dikutip Okezone.com.


Sadar posisinya masih goyah, Israel terus membangun militernya, termasuk pengembangan berbagai jenis senjata canggih.


Berikut ini beberapa senjata rudal Israel yang di kutip Okezone dari berbagai sumber:


1. Rudal Jericho


Rudal Jericho adalah rudal balistik jarak jauh yang digunakan oleh Israel dalam serangan tahun 2011 di wilayah Palestina. Ada 3 varian senjata ini dengan sistem operasi yang berbeda. Rudal ini sebenarnya sudah beroperasi sejak tahun 1971. Panjangnya sekitar 13,4 meter, diameter 0,8 meter dan berat sekitar 6,5 ton. Senjata itu memiliki jangkauan antara 4.800 dan 6.500 kilometer. Senjata ini juga mampu membawa muatan sekitar 400kg.


2. Python


Rafael Python dirancang oleh Rafael Advanced Defense Systems. Rudal ini sebenarnya merupakan pengembangan lebih lanjut dari rudal Shafrir. Rudal Python telah berevolusi menjadi beberapa varian, termasuk Python 5 yang digunakan oleh Israel dalam perang tahun 2006 melawan Hizbullah di Lebanon. Rudal Python 5 telah diekspor ke lebih dari 15 negara di dunia.

3. Spike-ME/LR


Spike-ME/LR adalah rudal anti-tank yang paling banyak dijual. Rudal itu dijual ke Polandia seharga $152 juta. Selain itu, rudal Spike dibeli oleh Amerika Serikat seharga $400 juta, bersama dengan dua Iron Domes.(*)