Dirjen PSKL Kemen LHK Kagum dengan PDIKM -->

Dirjen PSKL Kemen LHK Kagum dengan PDIKM

Sabtu, 17 Desember 2022
Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Hidup Bambang Supriyanto bersama istri dalam balutan pakaian pengantin Minangkabau di PDIKM Padang Panjang, Sabtu (17/12).


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK), Dr. Ir. Bambang Supriyanto, M.Sc kagumi  Museum Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) Padang Panjang dan filososi yang terkandung di dalamnya.


"Saya sangat berbahagia bisa mengunjungi museum ini. Saya bisa melihat sejarah-sejarah, foto-foto yang diiringi dengan story telling, story ekonomi serta makna dari filosofi yang terkandung di setiap sudut museum ini sangat bagus sekali," kata Bambang  ketika berkunjung ke PDIKM Padang Panjang, Sabtu (17/12).


Menurutnya bangunan PDIM ini mempunyai nilai sejarah yang harus diketahui tidak hanya oleh masyarakat Minang tetapi juga masyarakat Indonesia pada umumnya. Nilai falsafah yang terkadung di sini juga sangat luar biasa.


“Mulai dari usia kecil hingga menikah. Juga ada ukiran kucing tidur di tiangnya yang mempunyai filosofi janganlah jadi orang pemalas. Di luar juga terdapat rangkiang untuk menyimpan padi yang bisa diambil untuk dibagikan ke masyarakat sekitar,” sebutnya.


Bambang menyebutkan, filosofi yang seperti itu adalah sebenarnya dari Minangkabau untuk Indonesia. Ia menilai filosofi gotong royong dan filosofi kebersamaan yang ada di Minangkabau sangat luar biasa.


Kedatangan ke PDIKM ini, sebut Bambang, satu untuk pembelajaran satu lagi untuk wisata. Khususnya ekowisata, yang mana ekowisata di sini adalah ekobudaya.


“Kenapa ekobudaya, begitu saya datang ke sini saya tidak mengerti masalah budaya Minang, tapi pulang dari sini saya ngerti dengan budaya Minang. Saya dan istri  berkesempatan menggenakan pakaian adat Minang dan berswafoto ala pengantin Minang. Saya orang Jawa, bisa pakai pakaian seperti ini, kan sangat luar biasa,” katwnya.


Kedatangan Bambang bersama rombongan didampingi Kepala Dinas Perkim LH Kota Padang Panjang, Alvi Sena, M.T bertepatan dengan HUT ke-32 PDIKM setelah diresmikan pada 17 Desember 1990 oleh Bustanil Arifin (almarhum). (syam)