Heboh Kemunculan Macan, Warga Gunungkidul Takut ke Ladang -->

Heboh Kemunculan Macan, Warga Gunungkidul Takut ke Ladang

Senin, 12 Desember 2022


Warga Gunungkidul dihebohkan dengan kemunculan macan di ladang mereka



GUNUNGKIDUL - Selama dua hari terakhir, Minggu dan Senin ini, warga Padukuhan Budegan 2, Kalurahan Budegan Kapanewon, Wonosari, Gunungkidul resah karena kemunculan hewan yang diduga macan, Minggu 11 Desember 2022, siang.


Bahkan hari Senin ini, warga Padukuhan tersebut tidak ada yang berani untuk pergi ladang. Mereka khawatir bertemu dengan hewan yang diduga macan tersebut dan nantinya akan menyerang warga.


Lilik (35) warga Budegan mengaku sejak tetangga mereka yang bernama Jupriyanto memergoki hewan yang diduga macan di ladangnya Minggu siang, warga kemudian merasa khawatir. Mereka kini memilih bergerombol di luar rumah dan belum ada yang berani ke ladang lagi,sebagaimana dikutip Okezone.com.


"Wedi (takut) mas. Lha mengko nek diserang piye (lha nanti kalau diserang bagaimana)," kata dia, Senin (12/12/2022).


Mereka khawatir karena dua pekan sebelumnya ada warga lain yang bernama Supinah juga melihat hewan jenis yang diduga sama tak jauh dari kediaman mereka. Keduanya bahkan harus berjalan mengendap-endap mundur ke belakang untuk menyelamatkan diri.


Warga juga khawatir karena kemunculan yang kedua kalinya ini sangat dekat dengan pemukiman. Bahkan Minggu siang, jarak dengan rumah salah satu warga hanya sekitar 50 meter. Dan ada jejak yang ditemukan juga berada di dekat rumah warga.


"Gimana Ndak khawatir. Lha macan je, bisa-bisa kita mati," ujar dia.


Senin siang, warga bersama petugas gabungan seperti relawan, pemadam kebakaran, komunitas pemerhati lingkungan, pamong desa dan juga kepolisian melakukan penelusuran untuk memastikan hewan tersebut tidak ada lagi. Mereka bersama-sama dan bergerombol melakukan penyisiran.


Kapolsek Wonosari, Kompol Edi Wibowo menuturkan pihaknya kini memang masih berusaha memastikan hewan apa yang muncul dan membuat warga ketakutan. Dia menghimbau kepada warga untuk meningkatkan kewaspadaannya.


"Pokoknya warga harus waspada jika sewaktu-waktu hewan itu muncul kembali," kata dia.


Pihaknya akan lakukan patroli untuk pengaman warga. Ia berharap agar warga yang hendak mencari rumput untuk tidak sendiri. Selain meminimalisir kejadian yang tidak diinginkaan, hal ini juga agar warga wasapada terkait kemunculan diduga macan tersebut.


"Jangan sendiri untuk ke ladang, ya minimal ada kawannya. Selain itu kami akan memancing hewan tersebut untuk keluar dan diamankan," tambahnya.


Diberitakan sebelumnya, Minggu siang hingga malam, warga Padukuhan Budegan 2, Kalurahan Piaman Kapanewon Wonosari Gunungkidul geger. Mereka was-was sekaligus penasaran dengan kabar warga dusun tersebut memergoki macan di ladang salah satu warga.


"Munculnya macan ini ternyata bukan lagi pertama terjadi. Pada pertengah bulan November 2022 yang lalu juga ada yang juga menjumpai macan itu saat di ladang,"ujar Jupriyanto, salah satu warga Budegan yang melihat macan itu.


Minggu siang selepas sholat Dhuhur dia memutuskan kembali ke ladang untuk mencari rumput. Dia kemudian pergi ke ladangnya memang tak jauh dari rumahnya hanya berjarak sekitar 200 meter.


"Di ladang sepi. Tidak ada orang,"kata dia.


Sesampai di ladang, seperti biasa dia kemudian memotong rumput dengan cara berjongkok. Beberapa saat kemudian dia melihat salah satu pohon kebetulan adalah pohon akasia yang tak jauh dari tempatnya mencari rumput terlihat bergoyang.(*)