Sapi Milik Warga Pelalawan Diduga Dimangsa Harimau di Areal Kebun Sawit -->

Iklan Atas

Sapi Milik Warga Pelalawan Diduga Dimangsa Harimau di Areal Kebun Sawit

Kamis, 08 Desember 2022

 

Seekor sapi milik warga di Pelalawan, diduga dimangsa harimau Sumatera. Sapi itu ditemukan mati di areal kebun sawit.


PEKANBARU - Seekor sapi milik warga Desa Lubuk Raja, Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan, diduga dimangsa harimau Sumatera. Sapi itu ditemukan mati di areal kebun sawit milik PT Serikat Putra. Kepala Bidang BBKSDA Riau Wilayah I, Andri Hansen Siregar mengatakan, setelah mendapatkan laporan adanya hewan sapi mati, pihaknya langsung ke datang lokasi.


"Kita sudah menurunkan tim ke lokasi didampingi oleh Kades Lubuk Raja dan Bhabinkamtibmas setempat. Tim melaporkan bahwa memang benar telah terjadi kematian seekor ternak sapi milik warga yang besar dugaannya dimangsa oleh harimau sumatera," katanya, sebagaimana dikutip iNews.id.


Dia menjelaskan bahwa ternak warga dimangsa harimau setalah ditemukan jejak hewasn buas itu di sekitar bangkai. "Dari Keterangan yang kami dapat bahwa sapi tersebut digembalakan dengan menambatkannya di areal kebun sawit PT Serikat Putra," ujarnya.


Agar kejadian serupa tidak terjadi lagi, dia mengimbau kepada pihak perusahaan agar memasang papan informasi terkait keberadaan satwa liar harimau sumatera.  Di samping itu, tim juga memberikan edukasi kepada masyarakat, agar tidak mengembalakan pada lokasi kebun di luar jangkauan pengawasan pemiliknya.


"Kita meminta kepada pihak perusahaan untuk lebih intens memberikan peringatan kepada pekerja lapangan untuk selalu waspada dalam bekerja, dan saat bekerja harus ada teman yg mendampingi. Pihak perusahan diupayakan juga untuk memasang kamera jebak di sekitar lokasi kejadian untuk memastikan keberadaan harimau sumatera," ungkapnya.(*)