Dari Balik Jeruji Besi, Warga Binaan Rutan Ini Hasilkan Batik Tulis -->

Dari Balik Jeruji Besi, Warga Binaan Rutan Ini Hasilkan Batik Tulis

Rabu, 11 Januari 2023
Salah seorang warga binaan Rutan Padang Panjang sedang menekuni pembuatan batik tulis.


Padang Panjang, fajarsumbar.com -  Warga Binaan Pemasyarakatan  Rumah Tahanan Negara (Rutan)  Padang Panjang  menghasilkan batik tulis dari balik jeruji besi.


Semenjak jalinan kerjasama Rutan  dengan Canting Buana Kreatif yang berpusat di Kelurahan Silaing Bawah dalam pembuatan batik tulis beberapa waktu lalu, saat ini warga binaan telah mampu menghasilkan batik tulis yang  bisa bersaing di pasar.


Kegiatan membatik ini diikuti 10 orang yang sudah diseleksi sebelumnya melalui pengamatan dan penilaian bakat dan minat. Kegiatan dilaksanakan dari hari Senin sampai Sabtu pukul 09:00 WIB sampai pukul 16:00 WIB.


Owner Canting Buana Kreatif Widdiyanti menyebut, hasil cantingan warga binaan  Rutan Padang Panjang sudah bagus dan kedepan kita sudah bisa untuk produksi.


“Hasil cantingan sudah rapi. Mereka punya bakat yang  selama ini belum tersalurkan. Pola motif batik mereka buat sendiri. Ke depan kita sudah bisa  memproduksi untuk kebutuhan pasar” jelas Widdiyanti.


Kepala Rutan Padang Panjang, Auliya Zulfahmi mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Canting Buana Kreatif yang sudah melakukan pembinaan terhadap warga binaan dan berharap   bisa memproduksi batik secara berkelanjutan. (syam)