Korban Tewas Gempa Dahsyat di Turki Tembus 24.600 Jiwa -->

Iklan Atas

Korban Tewas Gempa Dahsyat di Turki Tembus 24.600 Jiwa

Minggu, 12 Februari 2023

 

Para petugas penyelamat terus bekerja keras mengevakuasi korban dari reruntuhan bangunan akibat gempa dahsyat di Turki, akhir pekan ini.



ISTANBUL – Jumlah korban yang tewas akibat gempa dahsyat di Turki sampai saat ini telah mencapai lebih dari 24.600 jiwa. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Presiden Turki, Fuat Oktay.


“Akibat gempa tersebut, 24.617 orang tewas,” kata Oktay dalam jumpa pers Sabtu (11/2/2023) malam.


Pada Sabtu siang, Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengatakan, jumlah korban luka akibat gempa di negaranya mencapai 80.278 orang, sebagaimana dikutip iNews.id.


Badan Penanggulangan Bencana Turki (AFAD) mengungkapkan, pada Sabtu kemarin ada lebih dari 2.000 gempa susulan terjadi di wilayah tenggara Turki, sejak gempa utama yang dahsyat melanda negara itu pada Senin (6/2/2023) dini hari. Suriah, juga terkena dampak gempa besar itu. 


Pada Senin (6/2/2023) pagi, gempa bumi besar berkekuatan magnitudo 7,8 mengguncang sebagian Turki dan Suriah. Beberapa gempa susulan yang kuat datang sesudah itu. Pada siangnya, gempa kedua yang hampir sama dahsyatnya (magnitudo 7,7) kembali mengguncang kedua negara.


Selain menewaskan dan melukai puluhan ribu orang, bencana itu juga menyebabkan ribuan bangunan hancur dan banyak penduduk yang kehilangan tempat tinggal. (*)