Pemerintah Resmikan Gedung BLK Komunitas di X Koto -->

Iklan Atas

Pemerintah Resmikan Gedung BLK Komunitas di X Koto

Jumat, 17 Februari 2023
Wabup Richi Aprian saat peresmian gedung BLK Komunitas



Tanah Datar, fajarsumbar.com - Dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang profesional, serta mewujudkan generasi muda yang unggul dan profesional, pemerintah terus berbenah dan salah satu upaya yang dilakukan, dengan mendirikan Balai latihan kerja (BLK) Komunitas.


BLK Komunitas ini bertujuan, untuk memperluas dan memperbanyak generasi muda calon tenaga kerja, yang memiliki skill dan kompetensi, sehingga berkesempatan membuka lapangan kerja sendiri, ataupun menjadi tenaga kerja di perusahaan/instansi. 


Hal tersebut dibuktikan dengan diresmikannya Gedung BLK Komunitas, di Madrasah MTs Diniyah Pandai Sikek, Kecamatan X Koto, oleh anggota DPR RI Darul Siska bersama Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, didampingi Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt Bungsu dan anggota DPRD Dedi Irawan, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita, Kamis (16/2/23).


Juga hadir dikesempatan tersebut Kepala BPVP Sumbar Eka Cahyana, Plt. Kadis PTSP Elvi Sandri, pengurus Yayasan Perguruan Islam Diniyah M. Zein, Camat dan Forkopimca X Koto, Wali Nagari dan puluhan wali murid.


Menyambut BLK Komunitas tersebut, Wabup menyebutkan, program itu seiring dengan misi kabupaten Tanah Datar yaitu, meningkatkan ekonomi masyarakat dan memperluas lapangan kerja, yang berbasis pertanian, industri dan UMKM.


Wabup sampaikan lagi, BLK Komunitas merupakan suatu sarana untuk mendapatkan keterampilan melalui keahlian, untuk itu mari manfaatkan gedung yang sudah dibangun ini, untuk meraih keterampilan dan keahlian dalam menghadapi kemajuan teknologi ke depannya. "Tentu kita harapkan nantinya akan mampu memberikan manfaat yang besar, bagi para pelajar dan generasi muda Tanah Datar," ungkapnya.


Sementara itu, anggota Komisi IX DPR RI Darul Siska mengatakan, BLK Komunitas ini adalah inovasi dari Kementerian Tenaga Kerja yang bertujuan untuk mengakselerasi peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM). Selain pembangunan fisik di BLK Komunitas Design Komunikasi Visual juga di siapkan peralatan-peralatan praktik serta fasilitas penunjang pembelajaran.


"Nagari Pandai Sikek dan umumnya Tanah Datar memiliki potensi dalam menggaet program BLK Komunitas, apalagi komitmen Kepala Daerah dan pemerintahannya jelas dalam visi misi untuk menyiapkan tenaga kerja yang terampil dan berkompeten," tukasnya. 


Sebelumnya anggota DPRD Tanah Datar Dedi Irawan selaku tokoh masyarakat X Koto menyambut baik dan menyampaikan terima kasih atas dibangunnya BLK untuk meningkatkan kompetensi siswa tamatan MTs Diniyah Pandai Sikek khususnya di bidang IT design komunikasi visual untuk mempromosikan daerah Pandai Sikek kecamatan X Koto.


Ketua pelaksana Nofrimel sampaikan Peresmian gedung BLK komunitas juga bertepatan dengan milad ke 93 MTs Diniyah Pandai Sikek sekaligus di meriahkan dengan kegiatan festival yang bertajuk 93 tahun MTs Diniyah Pandai Sikek. (F12)