Pemkab Sijunjung Dorong Lajunya Pertumbuhan Ekonomi Terutama Sektor Pertanian -->

Iklan Atas

Pemkab Sijunjung Dorong Lajunya Pertumbuhan Ekonomi Terutama Sektor Pertanian

Senin, 20 Februari 2023
.


Sijunjung, fajarsumbar.com - Perhatian Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar) terhadap para petani tinggi. Itu terlihat dengan memberikan berbagai bantuan alat mesin pertanian (alsintan), memperbaiki sarana irigasi dan memudahkan mendapatkan pupuk bersubsidi. Hal itu dilakukan untuk mendorong lajunya pertumbuhan ekonomi terutama di sektor pertanian.


"Berbagai bantuan telah diberikan Pemerintah Kabupaten Sijunjung kepada para kelompok tani. Hal itu untuk memudahkan para petani menggarap lahan pertanian. Begitu juga membangun irigasi dan memudahkan mendapatkan pupuk bersubsidi," ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung Ir. Ronaldi, Senin (20/2/2023).


Menurutnya, Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung, merupakan salah satu dinas yang berupaya untuk memperbaiki ekonomi masyarakat. 


Berbagai upaya dilakukan itu dalam rangka meringankan, memudahkan petani untuk melaksanakan kegiatan aktivitas usahanya. Baik dalam bentuk pembangunan sarana dan prasarana pertanian. Seperti pembangunan usaha tani membuka akses kepada sumber daya lahan.


.


Untuk perkembangan sektor pertanian ini kemudian juga membangun jaringan irigasi agar terpenuhi kebutuhan air untuk sektor tanaman pangan. 


Pemkab memberikan bantuan alsintan untuk memudahkan proses pengolahan tanah dan menekan biaya produksi yang selama ini cukup tinggi.


Diakui atas bantuan itu, para petani mendapatkan nilai tambah ataupun mendapatkan berbagai keuntungan dan memudahkan menggarap lahan. 


Di sisi lain juga dalam rangka peningkatan produksi dan produktivitas hasil pertanian juga memberikan bantuan dalam bentuk memberikan bibit bersertifikasi


.


Selain itu pemkab menyediakan pupuk bersubsidi yang selama ini sangat dibutuhkan oleh petani, sehingga petani bisa melaksanakan aktivitas budidaya dengan baik sesuai dengan teknologi yang berkembang saat ini.


Diharapkan bantuan tersebut dapat bermuara peningkatan produksi dan produktivitas hasil pertanian, dapat mendongkrak pendapatan petani yang juga tentunya berujung pada peningkatan kesejahteraan mereka.


Sementara itu, Yusup salah seorang tokoh masyarakat Sijunjung mengatakan, sektor pertanian di Sijunjung jauh berkembang. Hal itu disebabkan sektor pertanian sudah menggunakan teknologi terbarukan.


.

Di antaranya pembukaan lahan sampai benih kini sudah menggunakan proses teknologi terkini, sehingga pertumbuhan ekonomi di bidang pertanian terus menggeliat.


Pembangunan pertanian sangat menggeliat, tumbuh dan berkembang ditandai dengan program pertanian hadir menjawab kebutuhan dan permasalahan petani dalam upaya peningkatan produktivitas usaha tani.


Di antaranya, program alsintan, insprastruktur pertanian, embung dan parit. Ketersediaan pupuk subsidi, atau bantuan benih berbasis komoditas pada akhirnya peningkatan produksi, pendapatan dan kesejahteraan petani dapat dirasakan.(adv/def)