Riki Saputra Kembali Jabat Rektor UMSB Periode Kedua -->

Iklan Atas

Riki Saputra Kembali Jabat Rektor UMSB Periode Kedua

Selasa, 07 Februari 2023

 


.
                     Rektor UMSB Riki Saputra 

Padang, FajarSumbar.Com - Dr. Riki Saputra.MA, kembali dilantik menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) periode kedua 2023-2027, Selasa (07/02/2023).


Usai pelantikan, Rektor UMSB Dr. Riki Saputra.MA mengatakan, sebagai pertaggung jawaban pendidikan yang diupayakan UMSB terhadap masyarakat, terkait akreditadi program studi (prodi) dan akreditasi Intitusi.

Terhitung mulai hari ini, UMSB telah memiliki 28 prodi, 90 persen dari peringkat prodi tersebut dengan nilai B (baik sekali).

Lebih lanjut Riki Saputra mengatakan, empat Tahun kedepan, UMSB diharapkan 35 persen dari 28 prodi itu, bisa menjadi peringkat unggul.

Sementara empat tahun lalu, lebih kurang 65 persen program UMSB, yakni melakukan investasi dalam bentuk pengembangan dan membenahi infrastruktur pada 4 Kampus yang berlokasi di Padang, Bukittinggi, Padang Panjang dan Payakumbuh.


Ia menyebutkan, perubahan penampilan kampus sangat perlu, kendati tidak seperti gedung pencakar langit, namun untuk mempercantik dan daya tarik kampus sangat perlu, sedangkan 35 persen lagi dibidang pengembangan Sumber Daya  Manusia (SDM)

"Kedepan, selain membenahi infrastruktur,
namun 65 persen dibidang pengembangan SDM," kata Riki

Menyinggung jumlah mahasiswa UMSB yang masih aktif, jelas Riki sebanyak 5.300, namun jumlah tersebut belum bisa maksimal, namun bisa dikatakan pas.

"Stabilitanya jumlah mahasiswa di suatu Universitas sebanyak 800 hingga 10.000 orang," imbuhnya

Upaya- upaya yang akan dilakukan UMSB kedepan, tentu tidak terlepas dari pengelolaan dan perubahan manajemen secara internal.

"Dengan demikian, semua elemen UMSB, mulai dari pimpinan, pejabat struktural hingga mahasiswa diharapkan betul- betul dapat bekerja dengan hati nurani, ikhlas, mempunyai komitmen dan berdedikasi dengan melibatkan tim," tutur Riki

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Afdalisma, SH, MPd mengucapkan selamat kepada Rektor UMSB yang baru Dr. Riki Saputra, M.A, masih muda enerjig periode kedua 2023-2027.

Dibawah kepempinan Rektor yang baru ini, lanjut Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma, bisa membawa UMSB yang dapat dibanggakan, sehingga menjadi lebih baik dari segi kualitas pendidikan, akreditasi, kerjasama, begitu juga dalam berbagai hal dibindang pendidikan.

"Tentunya bisa membawa UMSB menjadi suatu perguruan tinggi terbaik di wilayah Sumatera Barat," harapnya.

Dalam upaya memajukan UMSB kedepan, menurut Afdalisma tentu tidak terlepas dari kerjasama unsur Civitas Akademika, menjalin kerjasama dengan Rektor, mulai dari dosen, tenaga kependidikan, bersinergi untuk membangun harmonisasi, sehingga menjadi suatu tim kerja yang solit dalam usaha mengwujudkan visi UMSB kearah yang lebih baik.

Sementara itu, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar, Bachtiar menambahkan segenap pimpinan wilayah sudah membangun sinergitas dan kolaborasi untuk memajukan muhammadiyah kedepannya.

“Mudah-mudahan dibawah kepemimpinan Rektor kembali, harapan banyak pihak akan bisa kita wujudkan tentunya dengan dukungan LLDIKTI,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kadis Pendidikan Sumbar, Barlius menyebut jajaran pimpinan Sumbar mendukung kemajuan UMSB.

“Universitas ini adalah kebanggan Sumbar. Kita akan dukung kemajuan UMSB,” ujarnya.(RDz)