Zelensky Mendadak Pecat Komandan Pasukan Gabungan Ukraina, Alasannya Tak Diketahui -->

Iklan Atas

Zelensky Mendadak Pecat Komandan Pasukan Gabungan Ukraina, Alasannya Tak Diketahui

Senin, 27 Februari 2023

 

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky




KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Minggu, (26/2/2023) memecat seorang komandan militer senior yang membantu memimpin perang melawan pasukan Rusia di timur negara itu. Zelensky tidak memberikan alasan terkait pemecatan Eduard Moskalyov sebagai komandan pasukan gabungan Ukraina, yang terlibat dalam pertempuran di wilayah Donbass.


Zelensky mengumumkan pemecatan Moskalyov dalam satu baris dekritnya pada Minggu. Sebelumnya, dia menyebut Moskalyov dalam pidato hariannya pada Jumat, (23/2/2023) ketika mendaftar komandan militer yang telah dia ajak bicara.


Diwartakan Reuters, Moskalyov telah menjabat sejak Maret 2022, tak lama setelah Rusia menginvasi Ukraina,sebagaimana dikutip Okezone.com.


Baik akun Facebook maupun Twitter pasukan gabungan tidak menyebutkan pemecatan tersebut.


Pasukan Rusia melakukan upaya bersama untuk merebut dua wilayah timur yang membentuk Donbass, dan Zelensky dalam beberapa pekan terakhir menggambarkan situasi militer di timur sebagai sulit dan menyakitkan.


Unit-unit pro-Moskow memfokuskan upaya mereka di kota Bakhmut, melakukan serangan berulang kali meskipun menderita apa yang dikatakan pejabat Ukraina dan Barat sebagai banyak korban.


Dalam sebuah posting Facebook, staf umum angkatan bersenjata Ukraina mengatakan pasukan Rusia telah melakukan beberapa serangan yang gagal di daerah Bakhmut pada Minggu.(*)