Wabup Buka Pembekalan serta Berikan Motivasi Satgas dan Relawan Bencana -->

Iklan Atas

Wabup Buka Pembekalan serta Berikan Motivasi Satgas dan Relawan Bencana

Minggu, 12 Maret 2023

Wabup Richi Aprian saat pembukaan pembekalan bagi Satgas dan Relawan Bencana, di Puncak Aua Sarumpun

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Kabupaten Tanah Datar termasuk salah satu daerah rawan bencana untuk itu sangat dibutuhkan kewaspadaan bersama, lebih baik mencegah dari pada mengobati. 


Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH. MH, pada pembukaan Pembekalan Bagi Relawan dan Satgas Penanggulangan Bencana Nagari se Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (11/3). Kegiatan ini diikuti relawan dan satgas Nagari se Tanah Datar, yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 10-13 Maret 2023, berlokasi di Puncak Aua Sarumpun, Nagari III Koto, Kecamatan Rambatan. 


Hadir mendampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik Zuldoni Putra, Camat Rambatan Roza Melfita, Wali Nagari III Koto Wili, Wali Nagari Balimbing, serta puluhan relawan dan satgas Nagari se Tanah Datar. 


Wabup Richi sampaikan, sebelum terjadinya suatu bencana, kewaspadaan sangat dibutuhkan dan harus siap dengan terjadinya bencana. "Alhamdulillah di Tanah Datar sudah terbentuk Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB), yang berasal dari nagari-nagari, saya selaku pemerintah daerah mendukung dan mengapresiasi terbentuknya forum ini," ucapnya.


Wabup Richi tambahkan, pemerintah daerah menyambut baik FRPB, karena ini merupakan salah satu tanggung jawab kita dalam melakukan mitigasi bencana, karena di Tanah datar banyak gunung marapi, jalur patahan gempa dan ini pekerjaan yang mulia.


Kepada instansi terkait Wabup juga harapkan, untuk turun kembali ke lapangan mengecek, mengurai peta mitigasi dan jalur evakuasi dengan rambu-rambu, untuk mengambil langkah antisipatif kemungkinan yang akan terjadi.


Selain itu, kepada Wali Nagari untuk mengaktifkan kembali satgas nagari, untuk antisipasi kesiapsiagaan apabila bencana terjadi dan mensosialisasikan waspada terhadap bencana yang tidak bisa diprediksi.


Sebelumnya, Ketua FRPB Tanah Datar Efrizal sampaikan, FRPB merupakan suatu forum yang satu satunya di Sumbar, dengan tujuan ikut andil dalam penanggulangan bencana sosial kemanusiaan, serta membantu pemerintah dan mitra BPBD. "FRPB merupakan suatu relawan kemanusiaan bersama satgas Nagari, untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi bencana," ungkapnya.


Sementara itu, Wali Nagari III Koto Wili sampaikan ucapan terimakasih kepada FRPB, yang telah memilih lokasi untuk kegiatan pembekalan untuk relawan dan satgas. "Lokasi yang dipilih ini merupakan sangat strategis untuk pembekalan, karena Nagari III Koto daerah rawan bencana," ungkapnya. (F12)