2 Mantan Pemain Manchester United yang Ternyata Pernah Berkarier di Liga Indonesia -->

Iklan Atas

2 Mantan Pemain Manchester United yang Ternyata Pernah Berkarier di Liga Indonesia

Selasa, 18 April 2023

 

foto




Sebanyak 2 mantan pemain Manchester United yang ternyata pernah berkarier di Liga Indonesia akan diulas Okezone. Sekadar diketahui, banyak pesepakbola top yang pernah merumput di Liga Indonesia.


Di medio 1990-an, Liga Indonesia dihiasi pemain-pemain yang kenyang pengalaman di Piala Dunia seperti Mario Kempes (Pelita Jaya) dan Roger Milla (Pelita Jaya dan Putra Samarinda).


Mario Kempes pernah menjadi top skor sekaligus mengantarkan Timnas Argentina juara Piala Dunia 1978. Sementara itu, Roger Milla masih tercatat sebagai pencetak gol tertua di Piala Dunia, yakni 42 tahun.


Kemudian di era 2000-an, beberapa pemain top sempat merumput di Tanah Air seperti Michael Essien (Persib Bandung), Peter Odemwingie (Madura United) hingga Mohammed Sissoko (Mitra Kukar).


Selain nama-nama di atas, ada juga jebolan Manchester United yang pernah berkarier di Indonesia. Jebolan yang dimaksud di sini adalah, pemain-pemain yang pernah berkarier di Manchester United.


Setidaknya ada dua nama eks pemain Manchester United yang pernah berkarier di Indonesia, yakni Eric Djemba Djemba dan Amancio Fortes. Eric Djemba Djemba didatangkan Manchester United pada musim panas 2003, atau berbarengan dengan Cristiano Ronaldo.


Pesepakbola asal Kamerun ini 1,5 tahun (2003-2005) merumput di Old Trafford dengan koleksi dua gol dan dua assist dari 39 pertandingan. Di Indonesia, Eric Djemba Djemba sempat satu tahun berkarier di Liga Indonesia (2015-2016) dengan memperkuat Surabaya United yang kini memiliki nama Bhayangkara FC.


Bagaimana dengan Amancio Fortes? Pesepakbola asal Angola ini tidak seberuntung Djemba Djemba. Kariernya di Manchester United sebatas di level U-18 pada 2006-2007. Setelah itu, ia melanglang buana hingga akhirnya memperkuat Semarang United di Liga Primer Indonesia pada 2011 (selama enam bulan).


Sekarang masih berusia 33 tahun, Amancio Fortes yang beroperasi sebagai gelandang serang berstatus tanpa klub. Klub terakhir yang dibela Amancio Fortes adalah klub asal Moldova, FC Zimbru Chisinau.(*)