260 Nelayan Kulonprogo Diberi Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan -->

Iklan Atas

260 Nelayan Kulonprogo Diberi Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

Kamis, 06 April 2023

Nelayan Kulonprogo turun dari melaut



Kulonprongo- Pemerintah Kabupaten Kulonprogo memberikan perlindungan kepada para nelayan yang ada di sepanjang Pantai Kulonprogo. Sebanyak 260 nelayan mendapatkan bantuan premi BPJS Ketenagakerjan. 


Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pengelolaan Pelelangan Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo, Wakhid Purwosubiyantara mengatakan, bantuan premi ini untuk memotivasi nelayan agra lebih giat dalam melakukan kegiatan menangkap ikan. Apalagi potensi laut selatan Jawa sangat besar,sebagaimana dikutip iNews.id.


“Pekerjaan nelayan ini penuh risiko sehingga kami ikut sertakan dalam BPJS Ketenagakerjaan,” katanya, Kamis (6/4/2023).  Wakhid mengatakan pada 2023 ini, DKP Kulonprogo juga memberikan bantuan sarana penangkapan ikan seperti fish finder, alat penarik perahu, dan jaring serang hingga timbangan digital. Sedangkan untuk meningkatkan kemampuan SDM, para nelayan juga diberikan bimbingan teknis penangkapan ikan.


"Nelayan Kulonprogo akan dilatih oleh nelayan yang sudah berpengalaman dalam menangkap ikan di laut," kata Wakhid. Para nelayan juga akan dimagangkan untuk mengoperasikan kapal ukuran besar. Program ini untuk meningkatkan pengalaman dalam menangkap ikan.


"Magang nelayan ini supaya mereka memiliki pengalaman dalam menangkap ikan hingga mengoperasikan kapal yang lebih besar," katanya.(*)