Gubernur Sambut Baik, Sumbar Tuan Rumah Porwanas XIV 2024 -->

Iklan Atas

Gubernur Sambut Baik, Sumbar Tuan Rumah Porwanas XIV 2024

Jumat, 28 April 2023
Rombongan PWI Sumbar foto bersama dengan Gubernur Mahyeldi seusai pertemuan di kediaman gubernur, Jumat (28/4/2023) sore.


Padang - Gubernur Sumbar H. Mahyeldi Ansharullah menyambut baik penetapan Sumbar sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV tahun 2024.


Hal itu disampaikan gubernur ketika menerima pengurus PWI dan Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Sumbar di kediamannya Jalan Sudirman No. 51 Padang, Jumat (28/4/2023) sore.


Berdasarkan SK.PWI Pusat No.465/PLP/PP- PWI/2023 yang dikeluarkan tanggal 17 April 2023 diputuskan bahwa Sumatera Barat ditetapkan sebagai tuan rumah Porwanas XIV tahun 2024.


Gubernur Sumbar segera memerintahkan jajarannya yang terkait dengan ini untuk melakukan koordinasi dalam rangka mempersiapkan iven yang diikuti wartawan seluruh Indonesia yang tergabung dengan PWI.


Sebelumnya Sumbar sudah pernah sukses menyelenggarakan iven akbar ini pada 1988. Sumbar dinyatakan sukses menggelar alek besar itu. Kebetulan yang menjadi ketua SIWO waktu itu, Ardi Syarif, wartawan olahraga asal Sumbar.


.


Pelaksanaan Porwanas akan segera dikoordinasikan dengan top-top organisasi olahraga Sumatera Barat. Sekaligus akan ditetapkan venuenya, tempat cabang olahraga dipertandingkan.


Sumbar dinilai cukup memadai menggelar iven olahraga nasional. Di daerah ini tersedia berbagai fasilitas olahraga seperti sepakbola, futsal, tenis meja, tenis lapangan, badminton, atletik, bridge, biliard dan catur. Selain ada lomba foto dan lain sebagainya.


Ketua PWI Sumbar Dr. Basril Basyar dan Sekretaris Firdaus Abie serta Ketua SIWO PWI Sumbar Syaiful Husein sangat bersyukur atas sambutan kepala daerah ini atas diamanahinya Sumbar jadi tuan rumah Porwanas yang diselenggarakan sekali tiga tahun tersebut.


Sebelumnya Sumbar berjuang untuk meyakinkan PWI Pusat jadi tuan rumah Porwanas pada iven akbar yang bakal diikuti ribuan wartawan se-Indonesia tersebut.


Gubernur H.Mahyeldi dan Ketua DPRD Sumbar Supardi  memberikan surat rekomendasi atas kesiapan jadi tuan rumah yang diserahkan pada Rakernas SIWO PWI yang dilaksanakan berbarengan dengan pelaksanaan HPN di Kota Medan Februari 2023 lalu.


.


Pada saat itu Sumbar harus berjuang dan bersaing ketat dengan empat provinsi lain dengan punya keinginan yang sama.


Empat provinsi tersebut, selain Sumbar, juga berambisi Kota Solo, Kaltim, dan Provinsi Aceh. Tapi dari empat provinsi tersebut, Sumbar-lah yang lebih siap karena dikuatkan dengan surat dukungan dari gubernur dan ketua DPRD. 


Rombongan pengurus lain yang diterima gubernur, Edi Jarot dari Dewan Kehormatan, Efendi dan Martius Aciak .(*)