Momen Hari Jadi Ke-182, Pemkab 50 Kota Apresiasi 185 Pegiat Pendidikan -->

Iklan Atas

Momen Hari Jadi Ke-182, Pemkab 50 Kota Apresiasi 185 Pegiat Pendidikan

Kamis, 13 April 2023
.


Lima Puluh Kota, fajarsumbar.com -- Peringatan hari jadi Kabupaten Limapuluh Kota ke-182 yang jatuh pada 13 April 2023 dijadikan momentum pemberian penghargaan bagi Pemerintah Daerah dalam mengapresiasi 185 Pegiat Pendidikan, Tahfidz, dan Kebudayaan di Limapuluh Kota yang telah berprestasi di tingkat Provinsi maupun Nasional. Apresiasi terhadap ketiga insan tersebut diselenggarakan di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota, Kamis, (13/04/2023). Dibuka secara resmi oleh Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, momen apresiasi berlangsung dengan hikmat. Nampak wajah bahagia dari peserta yang hadir karena mendapatkan penghargaan pada hari jadi Lima Puluh Kota tersebut. 


Turut hadir Sekretaris Daerah Widya Putra, Kepala Kantor Kemenag Irwan, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Limapuluh Kota Susi Susanti, Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Nevi Safaruddin, para asisten, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah di Kabupaten Limapuluh Kota.


Dalam sambutannya Bupati mengapresiasi dan menyampaikan kebanggaannya atas prestasi yang ditorehkan oleh insan pendidikan, tahfidz, dan kebudayaan tersebut. Menurutnya hal ini merupakan perwujudan dari pelaksanaan misi daerah yang pertama yaitu Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Berbudaya dan Berdaya Saing Berlandaskan Keimanan. Selanjutnya dikatakan Bupati, Perbup Nomor 33 Tahun 2022 tentang pedoman penyelenggaraan rumah tahfizd dan Budaya Alam Minangkabau (BAM) pada jenjang SD dan SMP, siswa akan belajar BAM dan tahfizd sebagai muatan lokal di sekolah untuk tahun ajar 2023-2024. 


"Kami mengajak seluruh komponen untuk saling bersinergi dan bekerjasama agar program unggulan daerah ini dapat dilaksanakan dan memberi hasil yang maksimal dalam mewujudkan Kabupaten Lima Puluh Kota yang Madani," terangnya. 


Selain itu, Bupati Safaruddin berharap agar setiap unsur masyarakat selalu melakukan upaya peningkatan prestasi di berbagai bidang terutama dalam bidang pendidikan, tahfidz dan kebudayaan. 


"Semoga acara sederhana ini memberi makna, dan kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bersinergi dalam mewujudkan program unggulan yang telah direncanakan, serta kerjasama dalam mewujudkan masyarakat yang madani. Akhir kata saya ucapkan terima kasih banyak atas dedikasi yang telah diberikan untuk kemajuan Kabupaten Lima Puluh Kota yang kita cintai," pungkasnya.

 

Sebelumnya, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lima Puluh Kota, Retyanda menyampaikan bahwa acara penyerahan penghargaan ini bertujuan untuk mengapresiasi seluruh insan yang berprestasi. 


"Selaku OPD yang bertanggung jawab penuh terhadap tercapainya misi pertama Pemerintah Daerah, Dinas Pendidikan akan terus berupaya maksimal dalam peningkatan prestasi siswa serta berkomitmen akan terus mengembangkan potensi generasi muda yang madani, beradat, dan berbudaya," ujar Retyanda.


Pada akhir kegiatan Bupati menyerahkan penghargaan secara simbolis terhadap 185 orang. Adapun rinciannya adalah 120 orang berasal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Limapuluh Kota dengan kategori guru berprestasi bidang menulis, siswa berprestasi bidang tahfizd dan pegiat budaya lisan sijobang. Sementara itu, terdapat 40 orang penerima penghargaan pendiri dan penyelenggara rumah tahfizd terbaik, dan 25 orang dari siswa berprestasi dari Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota. (ul)