PMI DIY Siapkan 21 Pos Pelayanan dan Siagakan 26 Ambulans Selama Libur Lebaran -->

Iklan Atas

PMI DIY Siapkan 21 Pos Pelayanan dan Siagakan 26 Ambulans Selama Libur Lebaran

Kamis, 20 April 2023

 

Ketua Dewan Kehormatan PMI DIY, KGPAA Paku Alam X melakukan monitoring pos pelayanan ambulans dan pertolongan pertama di Gunungkidul pada Rabu (19/4/2023).


Gunungkidul - Palang Merah Indonesia (PMI) menyiapkan 21 pos pelayanan pertolongan pertama di seluruh wilayah DIY. PMI juga menyiapkan 26 ambulans dan 5 motor ambulans first responder selama libur Lebaran.


Sebanyak 714 personel PMI juga akan berjaga untuk membantu masyarakat yang hendak merayakan Lebaran.  Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo menyebut selain menyiagakan ratusan personel pihaknya juga membuat posko statis di semua kabupaten/kota, masing-masing 3 posko. Kemudian juga ada posko mobile di mana seluruh personel akan bergerak ketika dibutuhkan seperti di destinasi wisata, sebagaimana dikutip iNews.id.


Selain itu, pihaknya juga menyiagakan ambulans di seluruh DIY dalam rangka pelayanan kemanusiaan selama mudik lebaran  tahun 2023. Sejumlah 26 ambulans mereka siagakan termasuk 5 motor ambulans first responder.


"Itu semua juga disiagakan untuk membantu masyarakat yang merayakan lebaran tahun 2023," ujar Gusti Prabu sapaan akrab GBPH Prabukusumo di Gunungkidul pada Rabu (19/4/2023).


Gusti Prabu menambahkan mereka juga menyiagakan personel PMI berlatar belakang medis seperti dokter, perawat, bidan juga relawan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama yang akan membantu melayani masyarakat merayakan Lebaran di DIY. 


Para relawan PMI ini akan bertugas 24 jam dalam 3 shift perhari mulai H-7 dan H+7 Lebaran di tempat-tempat keramaian, jalur-jalur masuk dan keluar DIY dan masing-masing Markas PMI Kabupaten dan Kota. Beberapa ambulans yang disiagakan adalah ambulans transport, ambulans kegawatdaruratan, serta ambulans motor. 



“PMI memiliki 5 ambulans motor first responder yang kami luncurkan segera saat terjadi kedaruratan dengan tugas menilai keadaan dan memberikan pertolongan pertama sebelum ambulans kegawatdaruratan,"ujarnya.


Hal ini sangat bermanfaat apalagi saat terjadi kepadatan lalu lintas. Selain itu, PMI juga tetap menyiagakan armada dan juga personel untuk kejadian kedaruratan lain seperti bencana kebakaran maupun bencana alam lainnya. 


Di mana untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, personel PMI dengan ambulans akan berkeliling ke lokasi-lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan seperti Pantai Selatan Kulonprogo, Bantul dan Gunungkidul, tempat-tempat wisata di wilayah DIY serta antisipasi saat keramaian di tempat-tempat ibadah seperti malam takbiran dan sholat Idul Fitri. 


"Selain itu, PMI DIY juga akan mengerahkan 14 personel, 3 armada ambulans, dan 1 ambulans motor gabungan PMI DIY dan PMI Kota Yogyakarta saat Grebeg Syawal,” kata Gusti Prabu.


Gusti Prabu mengatakan meski pembatasan kegiatan masyarakat sudah dilonggarkan namun Covid-19 masih ada, untuk itu dirinya berharap dan mengimbau agar kita semua pihak tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah, mudik dengan sehat dan nyaman, saling menjaga satu sama lain. 


"Jangan lupa tetap memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, serta menjaga jarak.  PMI pun siap memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," ujarnya.


Sementara itu Ketua Dewan Kehormatan PMI DIY, KGPAA Paku Alam X mengucapkan terimakasih kepada semua relawan yang telah mendarmabaktikan dirinya untuk bertugas selama Libur Lebaran ini. Dia berpesan agar seluruh relawan untuk menjaga kesehatan di situasi dan kondisi masih dalam kedaruratan.


"PPKM sudah dicabut tetapi kedaruratan belum dicabut. Maka kami menghimbau relawan untuk menjaga kesehatan dan staminanya," ujarnya.(*)