Kepsek Terima Bimtek SRA, Wabup Rahmang Targetkan Pd.Pariaman Raih Predikat Nindya -->

Iklan Atas

Kepsek Terima Bimtek SRA, Wabup Rahmang Targetkan Pd.Pariaman Raih Predikat Nindya

Senin, 15 Mei 2023
Wabup Rahmang didampingi Kadisdikbud Anwar bersama Kepsek peserta Bimtek SRA di Aula Kantor Bupati, Parik Malintang, Senin 15 Mei 2023 (foto.ikp)


Parik Malintang, - Bimbingan Teknis (Bimtek) Sekolah Ramah Anak (SRA) di Kabupaten Padang Pariaman terus berlanjut. Kali ini, sasaran Bimtek SRA kepada Kepala Sekolah (Kepsek) di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar se-Kabupaten Padang Pariaman. 


Bimtek SRA kepada 103 Kepsek diselenggarakan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) pada empat angkatan, juga berlangsung selama 4 hari dibuka Wabup Rahmang bertempat di Aula Kantor Bupati, Parik Malintang, Senin (15/05/23). 


Wakil Bupati Rahmang dalam arahannya mengungkapkan, Kabupaten Padang Pariaman telah berkomitmen menjadikan Kabupaten Padang Pariaman sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA). 


Dengan terwujudnya SRA, Rahmang menyatakan anak-anak di Kabupaten Padang Pariaman agar dapat terjamin pemenuhan haknya, baik itu hak hidup, kelangsungan hidup, non diskriminasi serta penghargaan terhadap anak. 


"SRA dikembangkan dengan harapan untuk memenuhi hak dan melindungi sepertiga hidup anak yang dihabiskan di sekolah," ungkapnya.  


Rahmang menyebutkan, untuk mewujudkan SRA dibutuhkan berbagai elemen. Yakni dimulai dari komitmen kebijakan, punya proses pembelajaran, tenaga kependidikan, sarana prasarana, partisipasi anak, partisipasi orang tua, masyarakat, dan dunia usaha. 


"Kepada semua sekolah, harus mengimplementasikan SRA pada satuan pendidikan masing-masing. Oleh sebab itu, program SRA kita jadikan Kabupaten Padang Pariaman sebagai KLA. Pada tahun 2023 ini, kita tergetkan bisa meraih predikat Nindya" imbau Wabup Rahmang.


Sebelumnya, Kepala Dinsos P3A Hajjah Sumarni mengungkapkan, program SRA termasuk dalam cluster keempat dari lima cluster KLA.


"Kluster keempat dalam Kabupaten Layak Anak adalah pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya," paparnya.


Bimtek SRA ini turut dihadiri Staf Ahli Rianto, Asisten Fakhriati, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Anwar, dan jajaran Dinsos P3A. (*/saco).