Kisah Peserta UTBK Rela Menginap demi Ikut UTBK di UI -->

Iklan Atas

Kisah Peserta UTBK Rela Menginap demi Ikut UTBK di UI

Jumat, 12 Mei 2023

Suasana UTBK di kampus UI Depok


Jakarta - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan salah satu jalur masuk PTN. Bahkan, demi mengikuti ujian tersebut, beberapa orang rela hingga menginap. Salah satunya terjadi di pusat UTBK Universitas Indonesia (UI). 


Menurut Koordinator Pengelolaan dan Pemeliharaan Fasilitas SIL dan SKSG UI, Afiq Pramono, UI menjadi salah satu pusat UTBK favorit peserta di Jabodetabek. Mereka pun rela menginap di hotel terdekat untuk mengikuti UTBK di Kampus Salemba, sebagaimana dikutip iNews.id.


"Biasanya peserta dari luar Jabodetabek yang memilih lokasi ujian di UI adalah siswa-siswi yang punya keinginan kuat untuk berkuliah di UI. Selain itu, fasilitas lengkap yang disediakan UI juga menjadi pertimbangan para peserta UTBK memilih lokasi ini," ujar dia dikutip dari laman resmi UI, Jumat (12/5/2023). Lebih lanjut, dijelaskan bahwa teknis pelaksanaan UTBK di Kampus Salemba dilakukan dengan koordinasi oleh Panitia UI Pusat. Briefing dan evaluasi harian pun dilakukan dari mulai satpam, pengawas ruangan, cleaning service dan operator.


Tak cuma itu, panitia juga wajib menjaga situasi tetap kondusif. Dengan begitu, para peserta UTBK di UI bisa merasa nyaman dalam menghadapi ujian.


“Kami selalu menyampaikan kepada teman-teman panitia untuk bisa memberikan rasa nyaman kepada peserta, sehingga peserta tidak merasa diintimidasi. Peserta yang datang sudah tertekan karena akan menghadapi ujian. Oleh karena itu, kita di sini harus membantu dengan memberikan fasilitas terbaik," tutur Afiq. Sementara itu, pelaksanaan UTBK akan digelar dalam dua gelombang. Gelombang I dilaksanakan dari tanggal 8-14 Mei 2023 dan gelombang II dari tanggal 22 - 28 Mei 2023.(*)