Pemkab Way Kanan Gelar Upacara Hardiknas -->

Iklan Atas

Pemkab Way Kanan Gelar Upacara Hardiknas

Selasa, 02 Mei 2023
.


Way Kanan - Pemerintah Kabupaten Way Kanan menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2023 di Halaman Gedung Buay Pemuka Pemkab Way Kanan, Selasa (02/05/2023) dengan agenda membacakan Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.


Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M, dihadiri oleh Wakil Bupati Drs. H. Ali Rahman, M.T, Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati, Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ny. Vorian Melita Saipul, para Pejabat Eselon II, III dan IV, Instansi Vertikal, para Pejabat Fungsional serta seluruh Staf Pemkab Way Kanan.

 

Disampaikan bahwa perubahan besar terjadi selama tiga tahun terakhir, sebanyak 24 Episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat. Dimana anak-anak sekarang dapat belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.


Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan benalar. Dari segi pendanaan, pencairan langsung Dana Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke Sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi Sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan perluasan program ke jenjang Perguruan Tinggi sekarang jauh lebih terbuka. 


Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi. Selain itu, mekanisme Dana Indonesiana yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan kebudayaan.

 

Dalam pidato Mendikbudristek juga disampaikan bahwa sejarah baru dengan gerakan Merdeka Belajar sebagai transformasi yang masif sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerjasama. Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jenngkal langkah berani yang sudah diambil. 


Dengan merefleksikan hal-hal yang telah dilakukan sepanjang tiga tahun terakhir, dapat dirancang arah perjalanan kedepan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar. Semarakkan hari ini dengan semanngat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan. (*/Heri)