Sambut Satu Abad Ponpes Thawalib Tanjung Limau, Bupati Audiensi dengan Yayasan dan Guru -->

Iklan Atas

Sambut Satu Abad Ponpes Thawalib Tanjung Limau, Bupati Audiensi dengan Yayasan dan Guru

Jumat, 12 Mei 2023

Bupati Eka Putra foto bersama dengan pengurus yayasan dan guru Ponpes Thawalib Tanjung Limau Pariangan


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Dalam rangka menyambut satu abad Pondok Pesantren (Ponpes) Thawalib Tanjung Limau, Nagari Simabur, Kecamatan Pariangan, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM lakukan pertemuan dan audiensi, dengan pengurus yayasan dan majelis guru, di aula Ponpes tersebut, Jum'at (12/5/23). 


Pimpinan Pondok Pesantren Thawalib Tanjung Limau Yonnedi menyampaikan bahwa Pondok Pesantren tersebut berdiri pada tahun 1923 dan tahun ini tepat berusia 100 tahun (satu abad). Dan untuk merayakan ini pihaknya bersama yayasan, akan melaksanakan milad akbar satu abad dengan tema "Berkah Dimasa Lalu dan Maju Dimasa Depan" sekaligus mempererat silaturahmi antar alumni.


Yonnedi sampaikan, pada saat ini siswa/santri Ponpes Thawalib Tanjung Limau sebanyak 380 orang, yang mondok sebanyak 150 orang, terdiri dari MTsS dan MDA. "Alhamdulillah dari tahun 2014 sudah mandiri dan proses belajar mengajar menggunakan kurikulum merdeka," terangnya.


Lebih lanjut, Yonnedi menjelaskan bahwa para santri selain berasal dari Tanah Datar juga ada yang berasal dari Pasaman Barat, Mentawai, Dharmasraya dan Solok. "Semua santri untuk kenaikan kelas wajib hafal 1 juz dan Alhamdulillah seluruh santri di sini hafizh, setiap naik kelas wajib hafal 1 juz dan ini salah satu dukungan kami kepada program pemerintah daerah yaitu satu rumah satu hafizh," ungkapnya.


Selain itu tambah Yonnedi, kedepannya dalam rangka milad satu abad Ponpes Thawalib, akan melakukan reuni akbar untuk merangkul kembali persatuan alumni, guna kemajuan Ponpes dengan harapan bisa berdirinya Rusunawa untuk santri sebab di kawasan ponpes juga sudah memiliki BLK. "Kami bersama yayasan sangat berharap dukungan dari pemerintah daerah untuk terwujudnya Rusunawa di sini, untuk lahan kami sudah ada," harapnya.


Dikesempatan tersebut Yonnedi juga sampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah atas perhatian dan mengharapkan kehadiran Bupati pada peringatan satu abad pada tanggal 25 Juli 2023 mendatang.


Hal senada juga disampaikan Ketua Yayasan Thomas Febria. Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah memberikan perhatian kepada Ponpes Thawalib, terbukti pada saat ini menyerahkan bantuan untuk rumah tahfizh.


Sementara itu, Bupati Eka Putra menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Yayasan Ponpes Thawalib Tanjung Limau, yang telah mendukung program unggulan pemerintah daerah. "Terima kasih kepada Yayasan dan Ponpes, yang telah menerapkan satu juz satu siswa untuk kenaikan kelas, ini masukan yang baik untuk kami Pemerintah Daerah dan ini dapat di jadikan roll model, bahkan jadi contoh bagi sekolah-sekolah di Tanah Datar," katanya.


Bupati juga ingatkan, untuk selalu mewaspadai tantangan kemajuan teknologi apalagi media sosial. "Alhamdulillah Ponpes Thawalib di usia yang berapa bulan lagi satu abad, akan mencetak anak-anak hafizh, Insya Allah ini akan mampu membentengi dari berbagai godaan yang ada di media-media sosial bagi generasi kita," ujarnya.


Di akhir arahannya, Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih, kepada majelis guru yang dengan niat ibadah bisa menciptakan para generasi penerus, yang terbentengi dari kegiatan negatif. (F12)