Tiga Kelurahan Terima Program TPS3R dan Pansimas -->

Iklan Atas

Tiga Kelurahan Terima Program TPS3R dan Pansimas

Rabu, 03 Mei 2023
Ketua DPRD Padang Panjang, Mardiansyah, A. Md para lurah penerima TPS3R dan Pansimas.


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), menetapkan tiga kelurahan di Kota Padang Panjang sebagai lokasi kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) bersama dengan lokasi lainnya di Indonesia. 


Tiga kelurahan itu, Bukit Surungan di Kecamatan Padang Panjang Barat untuk program Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R) dengan dana Rp500 juta. 


Sementara, Kelurahan Koto Katik serta Tanah Pak Lambik di Kecamatan Padang Panjang Timur  menerima program Sanitasi Berbasis Masyarakat  Pengelolaan Air Limbah Domestik (SBM PALD) senilai Rp350 juta.


Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatra Barat, perwakilan Komisi V DPR RI, Kasi Pelaksana Wilayah I dan II dan Kasatker Pelaksanaan Sarana dan Prasarana Pemukiman ini juga dihadiri Ketua DPRD Padang Panjang, Mardiansyah, A.Md di Hotel Pangeran, Kota Padang, Selasa (2/5).


Mardiansyah  mengatakan, tiga kelurahan yang menjadi lokasi IBM ini, untuk dua program berbeda. 


“Kedua program di tiga kelurahan itu ada tahapan-tahapannya, perencanaan, pelaksanaan dan pascakonstruksi. Penetapan lokasinya berdasarkan hasil verfikasi Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementrian PUPR,” terangnya.


Mardiansyah berharap, dengan terlaksananya kegiatan ini akan memberikan manfaat kepada masyarakat Kota Padang Panjang. 


Ia juga berterima kasih kepada Anggota Komisi V DPR RI, Attari Gauthi Ardy yang mengarahkan kegiatan ini ke Kota Padang Panjang sebagai pokok-pokok pikirannya sebagai perwakilan masyarakat dari Dapil Sumbar 1.


“Semoga Allah SWT selalu meridai setiap langkah dan perjuangan kita bersama untuk membangun Padang Panjang,” ucapnya. 


Sebelum penandatanganan perjanjian kerja sama, juga telah dilaksanakan rapat koordinasi dan sosialisasi tingkat provinsi .


Kegiatan IBM Sanitasi 2023 yang digelar di Truntum Hotel, Kota Padang 14 Maret lalu. 


Kegiatan yang digelar Direktorat Cipta Karya melalui Balai Perumahan dan Permukiman Wilayah Sumatra Barat itu, dihadiri Wakil Ketua Komisi V, M. Iqbal. Dari Padang Panjang, kegiatan ini juga dihadiri Mardiansyah. 


Ia didampingi Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH), Alvisena, M.T, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Widya Kusuma, S.T, Sekretaris DPRD, Wita Desi Susanti, S.T, Lurah TPL, Romi Saputra, S.H, Lurah Koto Katik, Emrianis, S.E dan Lurah Bukit Surungan, Dani Afriko, S.Sos. (syam)