Wali Kota Fadly Serap Aspirasi di Guguk Malintang -->

Iklan Atas

Wali Kota Fadly Serap Aspirasi di Guguk Malintang

Senin, 08 Mei 2023

 

Walikota Fadly Amran bersama masyarakat Kellurahan Guguk Melintang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Kegiatan silaturahim dengan ninik mamak dan tokoh mayarakat di Kelurahan Guguk Malintang, Kecamatan Padang Panjang Timur, Minggu (7/5) menjadi sarana diskusi sekaligus wadah menampung aspirasi bagi Walikota Fadly Amran.


Pada pertemuan di ula kantor kelurahan ini, sejumlah tokoh masyarakat menyampaikan potensi yang ada di kelurahan berpenduduk 6.432 jiwa ini. Selain keberadaan Sekolah Calon Tamtama (Secata) B Rindam I-BB, Gedung DPRD, rumah dinas alikota dan SMAN 1 Padang Panjang, di kelurahan ini juga terdapat Institut Seni Indonesia (ISI). 


Keberadaan ISI telah memberikan dampak ekonomi kepada warga. Seperti munculnya rumah kos-kosan warung makan, toko, serta kios yang menjajakan kebutuhan para mahasiswa. 

Ada 3.000 ribuan mahasiswa ISI di sini. 


Di samping itu, ada potensi lain yang bisa dikembangkan. pemerintah dan masyarakat Guguk Malintang mesti merangkul ISI agar bisa berkontribusi, membina masyarakat di bidang seni. Ini hendaknya bisa dirasakan masyarakat sekitar. Seperti lewat Kuliah Kerja Nyata (KKN).


Kemudian, Kelurahan Guguk Malintang yang warganya berstatus ninik mamak bisa merapatkan barisan, bersatu membina warga. Tatanan adat istiadat harus tetap terjaga dengan baik. 


Wako Fadly didampingi Lurah Ilham Kusuma RY, S.STP menyampaikan apresiasi atas pertemuan tersebut lantaran menunjukkan sinergi ninik mamak dan pemko. 


“Silaturahim, mencari solusi sejumlah permasalahan dan untuk kebaikan, bisa menjadi fardu. Acara seperti ini sangat kita perlukan,” tuturnya. 


Tentang potensi ISI, Fadly menyebutkan bakal mengagendakan pertemuan dengan rektor ISI, mengajak sejumlah tokoh masyarakat membicarakan langkah-langkah penting yang bisa direalisasikan. 


 Fadly turut mengajak ninik mamak secara bersama membina para generasi muda agar tidak terjangkit penyakit masyarakat. Lalu membimbing anak muda yang pernah terlibat narkoba, tidak terjerumus kembali. 


“Jangan mengucilkan mereka. Makin dikucilkan, mereka akan kembali terjerumus karena mereka tidak pernah nyaman. Carikan media, wahana merangkul anak-anak itu,” sebutnya.


Sementara itu, anggota DPRD, Dr. Novi Hendri, SE, M.Si Datuak Bagindo Saidi yang juga merupakan warga Guguk Malintang menyambut baik program dan upaya yang telah dilakukan pemko. Meski kondisi keuangan daerah mengalami penurunan dan refocusing akibat Covid-19, roda pemerintahan tetap berjalan dengan baik. 


Dikatakann pada 2022 pertumbuhan ekonomi naik 4,39 persen. Penduduk miskin dari sekitar 3.420 orang turun menjadi 2.890 orang. Angka pengangguran juga turun. 


"Periode pemerintahan sekarang melewati ujian yang berat. Akan tetapi banyak hal yang dicapai. Semua periode pemerintahan memberikan kontribusi. Termasuk pemerintahan saat ini,” ujarnya. (syam)