Sungai Batang Sangir Mengamuk Porak Porandakan Sawah Dan Kebun Warga -->

Iklan Atas

Sungai Batang Sangir Mengamuk Porak Porandakan Sawah Dan Kebun Warga

Wandi
Sabtu, 27 Januari 2024


Warga Sangir Jujuan memandang dari dekat Sungai Batang Sangir mengamuk banjir yang melanda persawahan dan kebun warga. (Abg

Solsel, fajarsumbar.com - Akibat hujan yang terus menerus, selama dua hari ini sejumlah wilayah di Solok Selatan, Sumbar dikepung banjir bandang dan tanah longsor. 

Tidak ketinggalan Nagari Padang Aia Dingin, Buluah Kasok Nagari Lubuk Malako,  Padang Gantiang, Padang Limau Sundai, jembatan, sawah, irigasi dan perkebunan warga nyaris habis disapu banjir. 

Hasil pantauan media ini, sejumlah rumah penduduk, sawah, perkebunan jagung dan kolam ikan disapu banjir, akibat sungai batang Sangir mengamuk hingga berita ini diturunkan, Sungai Batang Sangir terbilang ganas ini masih meluap dan mencari titik terendah. 

Camat Sangir Jujuan Elfi Hendri yang didampingi Wali Nagari Lubuk Malako Abdul Reda langsung turun kelokasi bencana dan memberikan instruksi kepada warga yang terdampak bencana. Sabtu (27/01/2024).

Elfi Hendri mengatakan, saat ini belum bisa ditaksir kerugian, karena banjir masih meluap di Sungai Batang Sangir. 

Kerugian yang masih dalam pendatsan seperti perkebunan jagung yang sangat luas habis disapu banjir, sawah petani yang akan dipanen disapu air bah, belum lagi rumah terendam air. 

Kami masih menunggu data dari BPBD yang saat ini masih berada dilokasi bencana, untuk memberikan bantuan darurat.(Abg).