Gubernur Sumbar Dorong Peningkatan Produksi Alpukat di Pasbar -->

Iklan Atas

Gubernur Sumbar Dorong Peningkatan Produksi Alpukat di Pasbar

Rabu, 07 Februari 2024

Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Pasaman Barat Dody San Ismail bersama tim saat menggelar penyuluhan kepada petani untuk membasmi hama kutu putih pada tanaman alpukat.


Simpang Empat - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi, mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas produksi alpukat di Nagari Giri Maju, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Saat meresmikan Pabrik Gudang Produksi Alpukat, ia mengungkapkan keprihatinannya terhadap masalah yang dihadapi petani, terutama terkait serangan hama kutu putih yang menyebabkan penurunan produksi sekitar 60 persen.


Gubernur meminta dinas terkait di Pemprov Sumbar untuk segera mencari solusi terhadap kendala yang dihadapi petani, termasuk masalah hama dan kerusakan mesin pengolahan. Ia menekankan pentingnya tindakan cepat untuk mempertahankan kualitas unggul produk alpukat dari Nagari Giri Maju.


"Sangat disayangkan jika produk alpukat yang memiliki kualitas bagus ini tidak dipertahankan. Minggu ini harus ada langkah-langkah konkret untuk mengatasi masalah petani di sini, termasuk pengembangan hilirisasi produk alpukat dan kerja sama dengan Pemkab Pasbar," ungkap Gubernur.


Tokoh Masyarakat setempat, Alpatni, menyampaikan harapan masyarakat agar pemerintah dapat memberikan bantuan dalam mencari solusi terhadap serangan hama kutu putih dan penurunan produksi. Masyarakat bersyukur atas perhatian Gubernur dan berterima kasih atas langkah-langkah yang diambil untuk menindaklanjuti masalah di Nagari Giri Maju.(des)