Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Kota Pariaman Gelar Pelatihan Bagi Saksi Peserta Pemilu -->

Iklan Atas

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Kota Pariaman Gelar Pelatihan Bagi Saksi Peserta Pemilu

Selasa, 06 Februari 2024

Kordiv pengawasan, humas dan hubal Bawaslu Kota Pariaman, Ulil Amri saat diwawancarai awak media.



Kota Pariaman
- Bawaslu Kota Pariaman gelar pelatihan bagi saksi peserta Pemilu 2024, saksi partai politik, saksi calon perorangan (DPD) dan saksi tim pemenangan calon presiden dan wakil presiden di aula Balaikota Pariaman. Selasa (6/02/2024) 



Bawaslu Kota Pariaman, Ulil Amri kordinator divisi pengawasan humas dan hubungan antar lembaga mengatakan pelatihan saksi ini sangat penting karena keberadaan saksi, baik di TPS maupun saat rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara. 


Ia menjelaskan, saksi juga memiliki kewajiban mengawasi saat rekap tingkat Kecamatan hingga Kota sangat penting untuk memastikan proses pelaksanaan pemilu berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Karena itu, kata Ulil Amri lagi peserta pemilu  benar-benar harus memperhatikan kapasitas dan kapabilitas saksinya dalam mengawal proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS maupun rekapitulasi di tingkat Kecamatan dan Kabupaten.

Ia kembali menegaskan, kegiatan pelatihan bagi saksi telah sesuai ketentuan perundangan-undangan, Bawaslu memiliki kewajiban meningkatkan kualitas saksi peserta Pemilu. 

“Saksi peserta Pemilu memegang peranan yang sangat penting, saksi peserta Pemilu harus benar-benar kompeten dan mengetahui dengan jelas hak dan kewajibannya di hari pemungutan dan penghitungan suara", tutur Ulil Amri lagi 

Kordiv pengawasan, humas dan hubungan antar lembaga Bawaslu Kota Pariaman ini menegaskan saksi peserta Pemilu harus mengetahui wewenangnya dengan baik sesuai perundang-undangan yang berlaku.

 
Pada pelatihan saksi hari ini, terang Ulil Bawaslu Kota Pariaman menghadirkan sejumlah pemateri seperti unsur KPU Kota Pariaman, dan pemateri dari unsur luar yang akan menjelaskan terkait tupoksi saksi serta beberapa OKP dan unsur media se-Kota Pariaman. (Heri