KAI Terapkan Inovasi Baru, Sistem Antrean untuk Pemesanan Tiket Kereta Jarak Jauh -->

Iklan Atas

KAI Terapkan Inovasi Baru, Sistem Antrean untuk Pemesanan Tiket Kereta Jarak Jauh

Minggu, 25 Februari 2024

Tiket Kereta Api pada Mudik Lebaran


Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyatakan akan terus melakukan inovasi terbaru demi meningkatkan kualitas layanan kepada penumpang, salah satunya adalah dengan menerapkan sistem antrian atau "waiting room" saat pembelian tiket kereta api untuk rute jarak jauh.


VP Public Relations KAI, Joni Martinus, menjelaskan bahwa fitur sistem antrian atau "Waiting Room" merupakan sistem antrian secara daring yang diterapkan oleh KAI melalui aplikasi Access by KAI dan situs web booking.kai.id saat proses pembelian tiket. Langkah ini diambil oleh KAI untuk mengatur proses pemesanan tiket secara lebih terstruktur, terutama pada saat volume pemesanan tinggi.


"Fitur ini membantu memastikan bahwa situs web dan aplikasi tetap stabil dan memungkinkan pengguna untuk memesan tiket secara adil dan teratur," ujar Joni dalam keterangan resminya, seperti dikutip pada Sabtu (23/2/2024).


Joni menjelaskan bahwa pengguna yang mengakses aplikasi Access by KAI atau situs web booking kai.id untuk memesan tiket kereta pada periode ramai akan dimasukkan ke dalam Waiting Room.


"Dalam sistem, pengguna akan diberi nomor antrian dan harus menunggu giliran untuk dapat mengakses sistem pemesanan tiket. Waktu tunggu dapat bervariasi tergantung pada jumlah pengguna yang aktif secara daring," ungkap Joni.


Selanjutnya, jika pengguna tersebut keluar dari waiting room sebelum giliran, maka posisi antrian akan hilang, dan harus memulai lagi jika ingin kembali antri.


“Jika Anda meninggalkan Waiting Room sebelum giliran Anda, Anda akan kehilangan posisi antrian Anda, dan harus memulai dari awal jika ingin kembali ke dalam antrian. Oleh karena itu, disarankan untuk tetap berada di Waiting Room hingga giliran Anda tiba," tambahnya.


Setelah masuk ke halaman jadwal pencarian, pengguna diberi waktu selama 5 menit untuk memilih jadwal atau menggeser tab tanggal. Namun, jika dalam 5 menit pengguna tidak memilih jadwal atau tidak beraktivitas, maka akan dialihkan kembali ke dalam waiting room.


Joni menjelaskan bahwa sistem antrian penjualan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI dan Web KAI.id telah diberlakukan sejak tanggal 1 Februari 2024.


“KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan dengan memanfaatkan teknologi terkini dan menjaga keamanan data serta informasi," pungkasnya.(BY)