Ketua DPRD Sumbar; Meramaikan Masjid sebagai Antisipasi Bencana Alam -->

Iklan Atas

Ketua DPRD Sumbar; Meramaikan Masjid sebagai Antisipasi Bencana Alam

Kamis, 14 Maret 2024
.


Payakumbuh - Supardi, Ketua DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Mendorong Aktivitas Positif di Masjid untuk Antisipasi Bencana Alam


Pesannya disampaikan saat memulai kegiatan Safari Ramadan 2024/1445 H di Masjid Istiqomah, Nagari Limbukann, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh, pada Kamis (14/3).


Supardi menggarisbawahi bahwa Sumbar, secara geografis, berada di daerah rawan bencana alam, termasuk banjir dan tanah longsor. Oleh karena itu, meramaikan masjid dengan aktivitas positif merupakan salah satu langkah penting dalam upaya menghindari musibah.


"Dalam kebijakan pemerintahan daerah, kami terus mendorong masyarakat untuk kembali ke masjid sebagai pusat pendidikan karakter dan spiritual," ungkapnya.


Menurutnya, masjid bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan sosial dan budaya, termasuk musyawarah dan pelatihan pemuda.


Supardi juga menyoroti sejarah dan kebanggaan masyarakat terhadap Masjid Istiqomah di Limbokan, yang telah berdiri selama sekitar seratus tahun. Ia berharap agar masyarakat terus konsisten dalam beribadah dan menjaga keberlangsungan masjid tersebut.


Dalam acara Safari Ramadan tersebut, Supardi memberikan bantuan sebesar Rp 50 juta untuk pembangunan masjid, serta menyumbangkan 20 Al Quran. Tambahan bantuan sebesar Rp 10 juta dari Bank Nagari juga diserahkan dalam kesempatan tersebut.


Pengurus Masjid Istiqomah, Dt Zuherman, menjelaskan bahwa masjid tersebut adalah salah satu kebanggaan masyarakat Limbokan, dengan tiga kubah yang melambangkan identitas daerah. Renovasi kubah baru-baru ini menimbulkan kebutuhan tambahan, termasuk penggantian sajadah dengan biaya sekitar Rp 100 juta.


Bantuan dari Safari Ramadan akan digunakan sebaik mungkin untuk kepentingan masjid, dan diharapkan dapat membantu melunasi hutang renovasi sebesar Rp 10 juta.


Dalam kegiatan Safari Ramadan tersebut, Supardi didampingi oleh beberapa pejabat dan anggota DPRD Sumbar serta perwakilan Bank Nagari Payakumbuh.(*)