Kontroversi Pemain Timnas Vietnam U-23, Insiden Pemukulan dan Dampaknya -->

Iklan Atas

Kontroversi Pemain Timnas Vietnam U-23, Insiden Pemukulan dan Dampaknya

Rabu, 13 Maret 2024

Pemain Timnas Vietnam U-23, Nguyen Hong Phuc sempat memukul kepala Haykal Alhafiz di final Piala AFF U-23 2023.


Fajarsumbar.id - Pemain dari Timnas Vietnam U-23, Nguyen Hong Phuc, hingga saat ini belum mendapat panggilan untuk bergabung dengan timnas negaranya. Peristiwa menarik terakhir kali Hong Phuc bermain untuk Vietnam adalah ketika terjadi insiden pemukulan terhadap salah satu pemain dari Timnas Indonesia U-23.


Insiden pemukulan itu terjadi pada final Piala AFF U-23 2023. Saat itu, Vietnam U-23 bertanding melawan Timnas Indonesia U-23 dan pertandingan itu dipenuhi dengan ketegangan sejak awal.


Pertandingan final Piala AFF U-23 2023, yang digelar di Thailand pada 17-26 Agustus 2023, menunjukkan persaingan yang sengit. Timnas Indonesia U-23 berhasil mencapai final setelah mengalahkan Thailand 3-1 di babak semifinal, sedangkan Vietnam U-23 melaju ke final setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 4-1.


Sebagai dua tim terbaik yang mencapai final, Vietnam U-23 dan Timnas Indonesia U-23 bermain dengan semangat tinggi sejak awal pertandingan. Namun, kegigihan dalam pertandingan membuat Hong Phuc melakukan tindakan yang tidak terpuji dengan memukul salah satu pemain Timnas Indonesia U-23, Haykal Alhafiz, dalam laga final tersebut.


Insiden pemukulan itu membuat banyak netizen di Indonesia merasa marah karena wasit tidak melihat kejadian tersebut, sehingga Hong Phuc tidak mendapat hukuman atas perbuatannya.


Meskipun terjadi insiden kontroversial tersebut, Timnas Indonesia U-23 akhirnya kalah 5-6 melalui adu penalti melawan Vietnam setelah skor imbang 0-0 pada waktu normal. Setelah final tersebut, PSSI melaporkan insiden yang melibatkan Hong Phuc kepada AFF.


Menariknya, setelah insiden pemukulan, Hong Phuc tidak pernah lagi mendapat kesempatan bermain untuk Timnas Vietnam U-23. Meskipun dia masuk dalam skuad Vietnam di Asian Games 2023, namun hanya duduk di bangku cadangan.


Selain itu, Hong Phuc juga belum mendapat kesempatan bermain untuk Viettel FC, klub yang bermain di liga tertinggi Vietnam. Apakah ini merupakan karma bagi Hong Phuc karena tidak mengakui tindakannya memukul Haykal? Tentunya banyak netizen Indonesia merasa senang jika Hong Phuc tidak dimainkan oleh Timnas Vietnam.(BY)