Perjalanan Karier Marcello Gandini, Desainer Ikonik di Dunia Otomotif -->

Iklan Atas

Perjalanan Karier Marcello Gandini, Desainer Ikonik di Dunia Otomotif

Jumat, 15 Maret 2024

Desainer mobil Lamborghini, Marcello Gandini, meninggal dunia. 


Jakarta - Marcello Gandini, desainer mobil legendaris, telah meninggal dunia pada hari Rabu (13/3/2024) di usia 85 tahun. Dia adalah otak di balik desain ikonik mobil Lamborghini Miura dan Countach.


"Marcello Gandini, salah satu desainer mobil yang paling berpengaruh dan produktif di dunia, telah meninggal dunia," dilansir oleh Drive, pada hari Kamis (14/3/2024).


Gandini lahir di Turin, Italia pada 26 Agustus 1938. Karirnya mencapai puncak ketika ia bekerja di studio desain Bertone. Namun, ia terkenal karena desainnya pada mobil-mobil Lamborghini yang menjadi legendaris – termasuk Miura, Countach, dan Diablo.


Ide pintu gunting pertama kali diperkenalkan oleh Gandini pada konsep Alfa Romeo 33 Carabo tahun 1968. Ide ini kemudian diadopsi pada Countach dan Diablo, menciptakan ciri khas pada supercar Lamborghini.


Selain Lamborghini, Gandini juga berperan dalam merancang mobil-mobil terkenal Italia lainnya, seperti Ferrari Dino 308 GT4, Fiat X1/9, Lancia Stratos, Maserati Quattroporte II dan IV, Maserati Shamal/Ghibli II, dan Alfa Romeo Montreal.


Namun, bakatnya juga merambah ke merek mobil Eropa lainnya, termasuk Volkswagen Polo pertama, Renault 5 Turbo, Citroen BX, konsep Bugatti EB110, dan BMW Seri 5 (E12) pertama.


Pada akhir 2021, setelah peluncuran Lamborghini Countach baru yang terinspirasi retro – berbasis pada Aventador – Gandini secara terbuka mengecam penghormatan tersebut.


“Marcello Gandini menjelaskan bahwa dia tidak terlibat dalam proyek tersebut dan tidak menyetujui, bahwa dia tidak memberikan izin,” demikian pernyataan tersebut.


“Saya telah membangun identitas saya sebagai seorang desainer, terutama ketika mengerjakan supercar untuk Lamborghini, dengan konsep unik: setiap model baru yang saya kerjakan akan menjadi sebuah inovasi, terobosan, sesuatu yang sama sekali berbeda dari model sebelumnya,” ujarnya.


“Keberanian, kemampuan untuk menciptakan terobosan tanpa terikat pada kesuksesan mobil sebelumnya, dan kepercayaan diri untuk tidak mengikuti kebiasaan adalah inti dari pekerjaan saya.”


Gandini juga memberikan pesan kepada generasi muda: "Berjuanglah untuk tidak mengikuti apa yang telah dilakukan oleh orang lain, jangan ulangi kesalahan yang sama."(BY)