Bupati Khairunas Ingin Semua komoditi Pertanian Hilirisasinya jelas Untuk Peningkatan Daya Saing -->

Iklan Atas

Bupati Khairunas Ingin Semua komoditi Pertanian Hilirisasinya jelas Untuk Peningkatan Daya Saing

Jumat, 19 April 2024


Festival Durian di Solok Selatan berjalan lancar,sejumlah durian durian unggul ditampilkan. (Abg


Solsel, fajarsumbar.com - Sebagai bagian dari peningkatan ekonomi kerakyatan dan daya saing daerah, berbagai event UMKM di gelar pemkab Solok Selatan salah satunya "Festival Durian".

Sebuah langkah inovasi pemerintah daerah dalam 2 tahun terakhir ini bertujuan untuk mempromosikan komoditi tersebut sehingga durian Solok Selatan diketahui secara luas dan rasanya juga mampu bersaing baik lokal maupun nasional.

"kita pemerintah daerah benar-benar menginginkan setiap komoditi pertanian khususnya durian ini jelas hilirisasinya, sehingga lebih meningkatkan nilai serta ketahanan komoditi ini.", ucap Khairunas saat berpidato. 

"Selain itu, melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi & UKM kita juga telah melakukan pembinaan pada kelompok-kelompok yang menghasilkan produk-produk olahan durian tersebut agar bervariatif", ucapnya. 

Dari laporan dinas perindagkop Kabupaten Solok Selatan, sudah muncul produk-produk dari hasil program ini, yaitu Dodol durian dan permen durian. Produk ini walaupun tidak musim durian namun ektraksi rasa durian nya masih dapat kita nikmati.

Merespon hal tersebut Khairunas akan terus lakukan pembinaan untuk dikembangkan lagi, baik dari segi rasa, kemasan produk, promosi dan yang pastinya pemasaran produk. 

Festival Durian ini diselenggarakan selama empat hari mulai 16 hingga Puncaknya pada hari Jumat (19/4/2024) dengan berbagai lomba dan turut dihadiri oleh artis nasional Ilham Pranizuki.

Turut hadir dalam acara, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, Wabup Yulian Efi, Ketua DPRD Zigo Rolanda, Forkopimda, Sekdab, beserta jajaran pemkab serta undangan lainnya. (Abg).