Kementerian Perhubungan Siapkan Kapal untuk Arus Balik Rute Panjang-Ciwandan -->

Iklan Atas

Kementerian Perhubungan Siapkan Kapal untuk Arus Balik Rute Panjang-Ciwandan

Sabtu, 13 April 2024

Menhub Budi Karya Sumadi soal Arus Balik 2024


Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa kapal negara telah disiapkan untuk membantu memperlancar arus balik Lebaran 2024, terutama pada rute Pelabuhan Panjang (Lampung) ke Ciwandan (Cilegon).


"Untuk memastikan arus balik berjalan lancar dan aman, Kementerian Perhubungan menyiapkan armada kapal negara dan swasta di rute Panjang-Ciwandan pada 12-18 April 2024," kata Budi dalam pernyataan yang dikutip dari Antara, Sabtu (13/4/2024).


Budi menjelaskan bahwa masyarakat bisa memanfaatkan armada kapal negara seperti KN Edam dan kapal patroli KPLP KN Trisula di penyeberangan Panjang-Ciwandan.


Kapal-kapal tersebut berangkat pada pukul 12.00 WIB, 14.00 WIB, dan 16.00 WIB.


Selain itu, Budi menambahkan bahwa armada kapal swasta yang disiapkan meliputi KMP Panorama Nusantara dan KMP ALS Elvina pada 12 April 2024, serta KMP Panorama Nusantara, KMP ALS Elvina, dan KMP Amadea pada 13-18 April 2024.


Menteri Perhubungan menegaskan bahwa kapal tersebut hanya melayani kendaraan sepeda motor dan mobil kecil. Sementara itu, truk dengan tiga sumbu dilarang beroperasi selama arus balik.


Budi mengatakan bahwa penggunaan pelabuhan alternatif bertujuan untuk mengurangi kepadatan di Pelabuhan Merak dan memudahkan pemudik dengan waktu tempuh ke Bandar Lampung yang lebih singkat.


"Kami memaksimalkan penggunaan Pelabuhan Panjang di Tanjung Karang, Lampung. Ini memberikan keuntungan dengan menghemat hampir 1 jam perjalanan bagi yang menuju Ibu Kota Lampung," kata Budi.


Dia mengimbau masyarakat yang akan kembali untuk memanfaatkan layanan tersebut dengan tertib dan mengikuti aturan yang berlaku.


"Tujuan kami adalah memastikan arus balik Lebaran dari Sumatera ke Jawa berjalan dengan lancar dan aman," kata Budi.(BY)