Menhub Tingkatkan Jumlah Kapal untuk Arus Balik Lebaran -->

Iklan Atas

Menhub Tingkatkan Jumlah Kapal untuk Arus Balik Lebaran

Minggu, 14 April 2024

Menhub Budi Karya Sumadi menambah jumlah perjalanan kapal pada arus balik Lebaran 2024.


Lampung - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengumumkan peningkatan jumlah perjalanan kapal dari Sumatera ke Jawa untuk mengatasi kemungkinan penumpukan pemudik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, selama arus balik Lebaran 2024.


"Dalam upaya meningkatkan efisiensi, jumlah pergerakan kapal kami tingkatkan dari 131 trip sehari menjadi 146 trip," ujar Menhub saat berada di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, pada hari Minggu (14/4/2024).


Budi menegaskan bahwa pihaknya terus memantau jadwal keberangkatan kapal di pelabuhan. Menurutnya, kapal yang telah menunggu lebih dari 45 menit harus berangkat sesuai jadwal. "Kapal harus berangkat dalam waktu 45 menit, dan surat perintah berlayar (SPB) juga harus diproses dalam waktu kurang dari 5 menit, sehingga tidak ada keterlambatan yang signifikan," tambahnya.


Saat ini, Menhub menyatakan bahwa situasi di Pelabuhan Bakauheni terkendali. Namun, dia berharap agar tidak ada penumpukan pemudik di pelabuhan tersebut hingga arus balik Lebaran 2024 berakhir. "Jika terjadi kepadatan, kami akan mengoperasikan kapal secara langsung, tanpa menunggu pemuatan kembali, untuk memastikan kelancaran arus transportasi," jelasnya.(des)