Peluang Menuju Olimpiade Paris 2024, Rinov/Pitha Berada di Ambang Kesuksesan -->

Iklan Atas

Peluang Menuju Olimpiade Paris 2024, Rinov/Pitha Berada di Ambang Kesuksesan

Selasa, 02 April 2024

Rinov/Pitha di podium juara Spain Masters 2024


Fajarsumbar.id - Peluang pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, untuk berlaga di Olimpiade Paris 2024 kembali terbuka lebar. Kemenangan mereka dalam Spain Masters 2024 membuka pintu menuju Olimpiade mendatang.


Namun, Rinov/Pitha belum dapat dipastikan untuk mendapatkan tiket ke Olimpiade Paris 2024 secara langsung. Mereka masih harus memperhatikan performa mereka di satu turnamen terakhir, yaitu Badminton Asia Championships (BAC) atau Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024.


BAC 2024 akan diadakan di Ningbo, China pada tanggal 9-14 April 2024. Turnamen ini memiliki peran penting karena menjadi penutup dari rangkaian kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Di zona lain juga terdapat kompetisi kontinental serupa.


Banyak pemain/pasangan yang akan berusaha mempertahankan posisi mereka melalui BAC 2024 atau turnamen serupa. Salah satunya adalah pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov/Pitha.


Saat ini, Rinov/Pitha merupakan pasangan ganda campuran Indonesia yang paling depan dalam perburuan tiket menuju Paris. Setelah meraih kemenangan dalam Spain Masters 2024, mereka telah mengumpulkan 55.494 poin dan masih berada dalam zona aman. Namun, posisi mereka berada di peringkat paling bawah di zona tersebut.


Pasangan terdekat mereka adalah wakil dari Singapura, Hee Yong Kai Terry/Tan Wei Han Jessica, dengan koleksi 52.590 poin. Di sisi lain, ada dua pasangan ganda campuran Indonesia lainnya yang juga memiliki peluang untuk menggeser posisi mereka, yaitu Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (51.266 poin) dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (49.560 poin).


Syarat yang mutlak bagi Rinov/Pitha untuk dapat lolos ke Olimpiade Paris 2024 adalah menjadi finalis dalam BAC 2024. Namun, perjalanan ini tidak akan mudah.


Jika mereka tidak berhasil menjadi finalis, Rinov/Pitha masih memiliki beberapa skenario lain untuk lolos. Hal ini juga tergantung pada pencapaian tiga pesaing utama mereka di BAC 2024 nanti. Namun, dengan jumlah poin yang dimiliki Rinov/Pitha saat ini, tiga pesaing mereka juga memiliki tugas yang berat di BAC 2024.


Hee/Tan setidaknya harus lolos ke babak semifinal. Sedangkan, Dejan/Gloria dan Rehan/Lisa minimal harus menjadi finalis di BAC 2024 jika ingin menggeser posisi Rinov/Pitha. Syarat ini adalah yang minimal bagi mereka jika Rinov/Pitha tidak menambah poin di BAC 2024.


Sementara itu, Rinov/Pitha dapat menambah poin di BAC 2024 jika mereka setidaknya mencapai babak perempatfinal. Namun, jika mereka tersingkir di babak 32 besar atau 16 besar, jumlah poin mereka akan tetap sama, yaitu 55.494.


Jadi, tugas utama Rinov/Pitha untuk memastikan kedatangan mereka adalah dengan menjadi finalis di BAC 2024. Atau jika tidak, mereka berharap bahwa tiga pesaing utama mereka juga tidak akan melangkah jauh di BAC 2024 nanti.(BY)