Persaingan Pengacara Kondang, OC Kaligis dan Otto Hasibuan dalam Kasus Harvey Moeis -->

Iklan Atas

Persaingan Pengacara Kondang, OC Kaligis dan Otto Hasibuan dalam Kasus Harvey Moeis

Sabtu, 13 April 2024

Ilustrasi adu bayaran selangit OC Kaligis dengan Otto Hasibuan


Jakarta - Kompetisi bayaran tinggi antara OC Kaligis dan Otto Hasibuan yang sama-sama membela Sandra Dewi dalam kasus korupsi Rp271 triliun Harvey Moeis menjadi perbincangan netizen. Banyak yang penasaran dengan biaya yang harus dikeluarkan oleh aktris kelahiran 8 Agustus 1983 tersebut.


Berikut bayaran tinggi OC Kaligis dan Otto Hasibuan yang sama-sama membela Sandra Dewi dalam kasus korupsi Harvey Moeis senilai Rp271 triliun:


OC Kaligis

Sudah menjadi rahasia umum bahwa OC Kaligis termasuk dalam jajaran pengacara dengan kekayaan yang melimpah. Meskipun pernah terlibat dalam kasus hukum, ia dikenal sebagai salah satu penasihat hukum senior di Indonesia.


Banyak penasihat hukum di Indonesia yang merupakan lulusan dari firma hukum milik OC Kaligis, yang memiliki nama lengkap Otto Cornelis Kaligis.


Berdasarkan berbagai sumber, diketahui bahwa pengacara ini memiliki tarif tinggi, mencapai Rp8 juta per jam. Biayanya untuk menangani satu kasus hukum bahkan bisa mencapai Rp4 miliar.


Namun, OC Kaligis pernah terjerat kasus suap pada tahun 2015. Kasus tersebut menyebabkan sejumlah rekening miliknya diblokir, sehingga ia mengalami kesulitan membayar gaji karyawan.


Otto Hasibuan

Otto Hasibuan adalah nama yang sudah tidak asing lagi di dunia advokat. Namanya semakin dikenal publik setelah menangani kasus pembunuhan berencana dengan kopi sianida.


Dalam kasus tersebut, ia menjadi penasihat hukum terdakwa Jessica Kumala Wongso atas kematian Mirna Salihin. Ia juga terlibat dalam kasus Djoko Tjandra terkait kasus Bank Bali.


Ternyata, biaya yang harus dikeluarkan untuk jasanya mencapai USD2,5 juta atau sekitar Rp37 miliar. Sebagai pengacara yang menangani kasus-kasus besar dengan bayaran fantastis, tidak mengherankan jika ia menjadi salah satu pengacara terkaya di Indonesia.(BY)