Beginilah Cara Mengenalkan Budaya Minang Sejak Usia Dini -->

Iklan Atas

Beginilah Cara Mengenalkan Budaya Minang Sejak Usia Dini

Kamis, 09 Mei 2024

 

Murid TK Negeri Pembina dalam balutan pakaian Minang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Menumbuhkan cinta anak terhadap budaya sejak dini, TK Negeri Pembina menggelar  Budaya Minang   selama tiga hari, 6-8 Mei lalu 


Pada hari pertama, setelah pembukaan, anak-anak diajarkan memainkan alat musik tradisional, menari, menyanyi, Pantun pasambahan dan makan bajamba. 


"Hari kedua diadakan tarian massal, melibatkan 139 murid dan permainan anak nagari. Hari ketiga, digelar pasar tradisional," kata Kepala TK Negeri Pembina, Rohima, S.Pd, Kamis (9/5).


Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Pendididikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Nasrul, S.H, M.Si didampingi Kabid Pembinaan Kebudayaan, PAUD dan Pendidikan non Formal, Syofyeni, S.Pd. M.Pd. Turut hadir pengawas TK, widya prada Disdikbud, Lurah Kampung Manggis, Bundo Kanduang serta paguyuban orang tua murid.


Nasrul mengatakan, sebagai bangsa yang memiliki beragam budaya, menjadi kewajiban setiap pendidik untuk memperkenalkan budaya pada anak sedini mungkin. 


"Dengan demikian akan tumbuh kecintaan, rasa memiliki, juga kesadaran bahwa mereka merupakan bagian dari bangsa Indonesia," katanya. 


Rohima menambahkan, mengenalkan kebudayaan pada anak usia dini banyak memberikan manfaat. Di antaranya, menumbuhkan kesadaran dalam diri anak untuk lebih mencintai budaya, bangsa dan negaranya. Serta akan mendorong anak untuk melestarikan budaya bangsa di kemudian hari.


Anak akan terbiasa dengan perbedaan dan mampu menghormati kebudayaan, suku, maupun bangsa lain yang berbeda dengannya. Serta membentuk karakter positif di dalam diri anak. 


"Semoga anak anak hebat TK N legeri Pembina dapat menjadi generasi emas penerus bangsa yang berakhlak mulia, berbudaya, sehat, cerdas dan ceria," sebut Rohima. (syam)