Evakuasi Besar-besaran di Gaza, 300.000 Orang Tinggalkan Rafah -->

Iklan Atas

Evakuasi Besar-besaran di Gaza, 300.000 Orang Tinggalkan Rafah

Minggu, 12 Mei 2024

 

Warga Palestina memeriksa kehancuran setelah serangan Israel 


Yerusalem - Dalam perkembangan terbaru konflik di Gaza, Tentara Israel menyatakan bahwa sekitar 300.000 orang telah meninggalkan Rafah timur sejak perintah evakuasi dikeluarkan minggu ini.


"Dari saat perintah tersebut dikeluarkan, sekitar 300.000 warga Gaza telah bergerak menuju area kemanusiaan di Al-Mawasi," kata pernyataan militer Israel yang dikutip dari Al Jazeera.


Pada Jumat (10/5/2024), PBB melaporkan bahwa lebih dari 100.000 orang telah meninggalkan Rafah dalam beberapa hari terakhir.


Perintah evakuasi dari Rafah timur diberikan oleh militer pada Senin (6/5/2024), ketika mereka juga mengambil kendali atas penyeberangan perbatasan dengan Mesir. Langkah ini diambil menjelang ancaman serangan darat yang telah lama disampaikan di kota yang menjadi tempat perlindungan bagi sekitar 1,4 juta orang.


Sebelumnya, militer telah memerintahkan warga untuk meninggalkan wilayah-wilayah lebih luas di Rafah timur dan Jalur Gaza utara saat mereka melanjutkan serangan.


Perintah evakuasi serta serangan udara yang intensif di Rafah timur telah menimbulkan keprihatinan di komunitas internasional.(des*)