Timnas Indonesia di Ambang Kualifikasi Piala Dunia, Fokus pada Pemain Luar Negeri? -->

Iklan Atas

Timnas Indonesia di Ambang Kualifikasi Piala Dunia, Fokus pada Pemain Luar Negeri?

Minggu, 12 Mei 2024

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.


Fajarsumbar.id - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, kemungkinan besar akan mengundang semua pemain yang bermain di luar negeri untuk menghadapi Irak dan Filipina dalam pertandingan lanjutan babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Jika skenario tersebut terjadi, kemungkinan hanya akan ada delapan pemain dari Liga 1 2023-2024 yang akan dipilih oleh Shin Tae-yong untuk kedua pertandingan penting itu.


Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia masih memiliki dua pertandingan tersisa untuk memastikan tempat di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Saat ini, skuad Garuda berada di jalur yang tepat dengan posisi kedua di Grup F dengan 7 poin.


Dengan keunggulan empat poin atas Vietnam yang berada di posisi ketiga, Timnas Indonesia hanya membutuhkan tambahan tiga poin untuk mengamankan posisi kedua di Grup F.


Selain itu, Timnas Indonesia juga bisa lolos dengan hasil kekalahan Vietnam, di mana satu kekalahan saja dari mereka sudah cukup untuk memastikan Garuda lolos ke babak selanjutnya.


Namun, Shin Tae-yong jelas tidak ingin mengandalkan nasib Timnas Indonesia pada hasil tim lain. Oleh karena itu, Timnas Indonesia tetap berusaha untuk meraih kemenangan ketika menghadapi Irak (6 Juni 2024) dan Filipina (11 Juni 2024) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.


Tidak mengherankan jika Shin Tae-yong membutuhkan skuad terbaiknya untuk menghadapi Irak dan Filipina. Dengan melihat pemain yang dimiliki Shin Tae-yong saat ini, kemungkinan besar dia akan memilih 17 pemain yang bermain di luar negeri.


Para pemain yang dimaksud termasuk Rafael Struick (ADO Den Haag), Asnawi Mangkualam (Port FC), Jordi Amat (Johor Darul Takzim), Pratama Arhan (Suwon FC), Justin Hubner (Cerezo Osaka), Maarten Paes (FC Dallas), Jay Idzes (Venezia FC), dan Marselino Ferdinan (KMSK Deinze).


Selain itu, ada juga Shayne Pattynama (KAS Eupen), Sandy Walsh (KV Mechelen), Ragnar Oratmangoen (Fortuna Sittard), Thom Haye (SC Heerenveen), Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen), Ivar Jenner (Jong Utrecht), Elkan Baggott (Ipswich Town), serta dua pemain yang sedang dalam proses naturalisasi, yaitu Jens Raven (FC Dordrecht U-21) dan Calvin Verdonk (NEC Nijmegen).


Mengingat Shin Tae-yong biasanya memilih 25 pemain dalam empat pertandingan terakhir Timnas Indonesia, kemungkinan besar hal yang sama akan terjadi ketika melawan Irak dan Filipina. Jika itu terjadi, dan 17 pemain telah dipilih dari luar negeri, maka delapan slot sisanya akan diisi oleh pemain lokal.


Pastinya menarik untuk melihat siapa delapan pemain dari Liga 1 yang akan dipilih oleh Shin Tae-yong. Nama-nama seperti Rizky Ridho, Ernando Ari, dan Witan Sulaeman mungkin akan menjadi pilihan karena mereka merupakan pemain andalan Shin Tae-yong.(BY)