Tips Membersihkan Burner Kompor Gas agar Tetap Prima -->

Iklan Atas

Tips Membersihkan Burner Kompor Gas agar Tetap Prima

Kamis, 16 Mei 2024

Cara membersihkan burner kompor gas


Jakarta - Memiliki kompor gas memang memberikan kemewahan yang menyenangkan. Selain memberikan kontrol suhu yang lebih akurat dibandingkan kompor listrik, kompor gas juga dapat bertahan bertahun-tahun tanpa perlu perbaikan besar atau penggantian jika dirawat dengan baik.


Namun, perawatan tetap diperlukan agar kompor gas tetap dalam kondisi prima. Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan adalah menjaga dan secara rutin membersihkan burner kompor gas dari sisa makanan, lemak, dan kotoran lainnya.


Kapan terakhir kali Anda membersihkan burner kompor gas? Jika sudah lama atau bahkan tidak teringat kapan terakhir kali membersihkannya, sudah saatnya untuk meluangkan waktu sekitar satu jam untuk melakukan pembersihan menyeluruh.


Burner kompor gas rentan tersumbat dari waktu ke waktu dengan partikel makanan, lemak, dan residu lainnya. Saat burner tersumbat, api yang dihasilkan dapat melemah atau bahkan padam sama sekali, mengganggu aktivitas memasak Anda. Selain itu, burner yang tersumbat juga dapat menyebabkan bahaya kebakaran, terutama ketika lemak dan minyak masakan terbakar saat mencoba menyalakan burner.


Frekuensi membersihkan burner kompor gas tergantung pada seberapa sering Anda menggunakannya dan seberapa kotor Anda saat memasak. Jika jarang digunakan dan tidak terlalu sering membuat kekacauan, Anda dapat membersihkan burner setiap beberapa bulan sekali. Sebaliknya, jika Anda sering menggunakan kompor gas dan bereksperimen dengan resep yang berantakan, disarankan untuk membersihkan burner lebih sering.


Mulailah dengan membaca buku panduan kompor gas Anda untuk instruksi khusus tentang cara membersihkan dan merawat burner. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat membersihkan burner menggunakan bahan dan bahan yang sudah ada di rumah.


Salah satu metode efektif adalah menggunakan soda kue. Lepaskan penutup keramik di atas burner dan bersihkan dengan air hangat dan sabun pencuci piring. Selanjutnya, lepaskan kepala burner dan rendam dalam campuran air hangat dan sabun selama satu jam. Buatlah pasta tebal dari soda kue dan air, lalu oleskan ke burner. Biarkan pasta bekerja beberapa menit sebelum membersihkan dengan sikat. Setelah bersih, bilas semua bagian dengan air hangat dan keringkan dengan bersih.


Selain membersihkan burner secara berkala, Anda juga dapat mencegah penumpukan dengan membersihkan burner setiap kali selesai memasak. Ini akan memudahkan Anda untuk menjaga burner tetap bersih dan menghindari penumpukan yang sulit dibersihkan di masa depan.


Dengan tips rumahan ini, burner kompor gas Anda akan tetap dalam kondisi prima dan memberikan hasil memasak yang optimal.(des)