Bupati Tanah Datar Buka Khatam Al Qur'an di Masjid Nur Ilahi -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Bupati Tanah Datar Buka Khatam Al Qur'an di Masjid Nur Ilahi

Minggu, 30 Juni 2024

Bupati Tanah Datar hadiri Khatam Al-Quran di Masjid Nur Ilahi Nagari Panyalaian, X Koto

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Cita-cita menciptakan setidaknya separuh masyarakat Tanah Datar menjadi penghafal Al-Qur'an, sudah mengalami perkembangan yang cukup baik.


"Saat ini setidaknya sudah ada 19 anak-anak generasi muda Tanah Datar penghafal Al-Qur'an, mininal 1 juz. Ini cukup baik dan membanggakan," kata Bupati Eka Putra, Minggu (30/6/24), saat membuka Khatam Al-Qur'an, di Masjid Nur Ilahi, Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto. 


Bupati mengungkapkan, untuk mencapai cita-cita itu, ia bersama Pemerintah Daerah tidak bisa berjalan sendiri, butuh dukungan semua pihak, baik itu orang tua, pemerintah nagari, ninik mamak dan lainnya. 


"Pemerintah sudah meluncurkan Program Satu Rumah Satu Hafiz atau Hafizah yang bertujuan menciptakan generasi penghafal Al-Qur'an. Ini butuh dorongan, dukungan dan pengawasan orang tua, ninik mamak dan lainnya, sehingga program ini berjalan dengan baik," ujarnya. 


Dikatakan Bupati lagi, dengan semakin banyaknya generasi penghafal Al-Qur'an, maka Tanah Datar akan sejahtera dan dijauhkan dari marabahaya. "Seperti kita ketahui, satu orang penghafal Al-Qur'an akan dilindungi seribu malaikat, bahkan hafiz dan hafizah akan menjadi mahkota surga bagi orang tuanya kelak di akhirat," sampainya.


Terakhir, Bupati menyampaikan apresiasi kepada panitia pelaksana, yang telah sukses menggelar acara khatam Al-Qur'an, dan ucapkan selamat kepada santriwan dan santriwati yang khatam. "Khatam Al Qur'an ini merupakan awal untuk meningkat ke level selanjutnya, dalam pemahaman isi dan kandungan Al-Qur'an. Khatam bukanlah tamat membaca Al-Qur'an," pungkasnya. 


Sebelumnya, Ketua Pelaksana SF Dt. Rajo Lelo menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Tanah Datar bersama rombongan. "Khatam Al Qur'an yang ke 36 kali dan dikuti 35 santri ini sungguhuar biasa, karena baru khatam hari ini yang dihadiri Bupati, terima kasih pak Eka," tukasnya.


Turut hadir Camat X Koto M. Yahya SP beserta Forkopimca, Wali Nagari Panyalaian dan Wali Nagari se Kecamatan X Koto, BPRN dan KAN Panyalaian, niniak mamak, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (F12)