Hari ke Dua 176 Hewan Kurban Disembelih di Padang Panjang -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Hari ke Dua 176 Hewan Kurban Disembelih di Padang Panjang

Selasa, 18 Juni 2024

 

Penyembelihan hewan kurban 

Padang Panjang, fajarsumbar.com - Penyembelihan hewan kurban masih berlangsung di hari kedua. Data Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Padang Panjang, pada hari kedua, Selasa (18/6), tercatat lebih kurang 176 hewan kurban disembelih. 

Selain sapi, enam di antaranya kambing. 


Total keseluruhan hewan kurban di Padang Panjang sebanyak 620 ekor. Terdiri dari 597 sapi dan 23 kambing. Penyembelihan dilaksanakan di sejumlah masjid dan musala. Juga dilakukan pihak swasta, organisasi politik dan organisasi masyarakat.


“Penyembelihan hewan kurban terakhir Rabu (19/6/). Ada sekitar 12 sapi. Di antaranya dilaksanakan di Diniyyah Puteri (5 sapi), Masjid Munawarah Koto Panjang (2 sapi) dan di Masjid Nurul Khairat Kampung Manggis (5 sapi),” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispangtan, drh. Wahidin Beruh.


Katanya, penyembelihan hewan kurban di hari kedua  terbanyak dilakukan di Kecamatan Padang Panjang Barat, 139 ekor. Enam di antaranya berupa kambing dari Rumah Sakit Yarsi.  Dari rumah sakit ini juga ada tiga sapi. 


Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban Masjid Muhammad Nur, Kelurahan Tanah Hitam, Khairudin Chan menyampaikan, pelaksanaan penyembelihan pada hari kedua lantaran tenaga penyembelih yang berpengalaman tidak bisa datang di hari pertama.  


“Tukang jagal yang  profesional ada kerjaan di hari pertama di masjid lain. Jadi kita putuskan hari ini melaksanakan penyembelihan. Alhamdulillah penyembelihan enam hewan kurban berlangsung lancar,” sebutnya. (syam)