Jumlah Hewan Kurban Naik Signifikan, Bupati Sabar AS: Indikator Ekonomi Masyarakat Membaik -->

Iklan Atas

Jumlah Hewan Kurban Naik Signifikan, Bupati Sabar AS: Indikator Ekonomi Masyarakat Membaik

Senin, 17 Juni 2024

 

Bupati Pasaman Sabar AS memberi sambutan saat prosesi pemotongan hewan kurban di komplek Masjid Agung Al- Muqtaqin Islamic Center Lubuk Sikaping, Senin (17/6/2024).

Pasaman - Jumlah hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah/2924 Masehi ini di Masjid Agung Al-Muttaqin Islamic Center Kota Lubuk Sikaping, ibukota Kabupaten Pasaman, naik secara signifikan.


Kalau pada Idul Adha tahun sebelumnya di masjid itu jumlah hewan kurban tercatat sebanyak lima ekor sapi, pada Idul Adha tahun ini meningkat tajam, yaitu menjadi delapan ekor ternak berupa sapi.


Realitas itu, dalam pandangan Bupati Pasaman Sabar AS, menunjukkan sejumlah indikator.  "Pertama, itu sebagai pertanda bahwa ekonomi masyarakat kita semakin membaik," kata Bupati Sabar.


Bupati Sabar mengatakan hal itu saat menyaksikan seremoni penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Al-Muttaqin Islamic Center Lubuk Sikaping, Senin (17/6/2024). Seremoni penyembelihan hewan kurban dilakukan usai shalat Idul Adha di tempat yang sama.

Menurut Bupati Sabar, naif jumlah hewan kurban mengalami peningkatan yang tajam kalau tidak ditopang oleh kondisi perekonomian masyarakat yang semakin membaik.


"Orang melakukan ibadah kurban terutama karena yang bersangkutan menilai dirinya sudah memiliki sedikit kelebihan finansial untuk itu," tambah mantan anggota DPRD Sumatera Barat (Sumbar) itu.


Indikator kedua, menurut Bupati Sabar, semakin meningkatnya derajat keimanan dan ketakwaan masyarakat terhadap Allah SWT. "Hanya kekuatan iman yang mampu mendorong seseorang untuk mau melakukan ibadah kurban," sebutnya.


Bupati berharap, Allah SWT memberi berkah dari setiap langkah yang ditempuh umat muslim di daerah, terutama dalam rangka menjalankan syariat-syariat yang dituntun oleh ajaran Islam.


Bupati Sabar juga berharap momentum berkurban semakin meningkatkan solidaritas sosial di tengah masyarakat. Terutama dalam upaya meringankan beban anggota masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan. (spa)