Siapa Pelatih Baru Timnas Indonesia? Berikut 5 Kandidat Potensialnya -->

Iklan Atas

Siapa Pelatih Baru Timnas Indonesia? Berikut 5 Kandidat Potensialnya

Senin, 24 Juni 2024

Berikut 5 pelatih kelas dunia yang bisa gantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.


Fajarsumbar.id - Sebanyak lima pelatih kelas dunia yang dapat menggantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia akan dibahas. Kontrak Shin Tae-yong bersama tim nasional akan berakhir pada 30 Juni 2024.


PSSI telah mengajukan proposal perpanjangan kontrak kepada Shin Tae-yong dua minggu yang lalu. Namun, hingga saat ini, Shin Tae-yong belum menandatangani kontrak baru. Sementara itu, kabar yang beredar menyebutkan bahwa Shin Tae-yong kembali menjadi incaran Federasi Sepakbola Korea Selatan (KFA) untuk kembali menukangi timnas mereka.


Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengaku siap jika Shin Tae-yong akhirnya dipilih untuk melatih Timnas Korea Selatan. Namun, Erick Thohir tetap berharap dapat mendatangkan pelatih kelas dunia untuk Timnas Indonesia.


"Jika Korea Selatan memang menginginkan Shin Tae-yong, saya tidak bisa menghalangi," tegas Erick Thohir seperti dikutip dari Antara.


"Kami membutuhkan pelatih dengan standar internasional. Saya optimis Shin Tae-yong juga menyadari bahwa tanpa dukungan PSSI dan kualitas pemain yang baik, pencapaian seperti sekarang ini tidak mungkin tercapai bagi Indonesia," tambah mantan presiden Inter Milan ini.


Dengan hubungan baiknya di dunia sepakbola internasional, terutama di Italia dan Jerman, tidak menutup kemungkinan PSSI akan mencari pengganti Shin Tae-yong dari kedua negara tersebut.


Berikut adalah lima pelatih kelas dunia yang dapat menggantikan posisi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia:


Joachim Low

Setelah meninggalkan Timnas Jerman setelah Euro 2020, Joachim Low belum menangani tim mana pun. Pengalamannya membawa Jerman meraih gelar juara Piala Dunia 2014 dapat menjadi nilai tambah bagi Timnas Indonesia yang banyak diisi pemain yang berkarier di Eropa.


Frank Wormuth

Frank Wormuth pernah menjadi konsultan pelatih untuk Timnas Indonesia U-17 pada Piala Dunia U-17 2023. Meskipun hasilnya tidak memuaskan dengan eliminasi di fase grup, dia mampu membuat tim menahan imbang tim-tim kuat seperti Panama dan Ekuador.


Karena pengalamannya dengan sepakbola Indonesia, Frank Wormuth bisa menjadi pilihan yang masuk akal.


Edin Terzic

Keberhasilan membawa Borussia Dortmund mencapai final Liga Champions 2023-2024, memberikan reputasi yang gemilang bagi pelatih berdarah Jerman-Kroasia ini. Saat ini tanpa klub, PSSI dapat mendekatinya dengan lebih leluasa.


Walter Mazzarri

Walter Mazzarri pernah bekerja sama dengan Erick Thohir saat melatih Inter Milan pada 2013-2014. Meskipun tidak sukses total di Inter, dia mungkin memiliki potensi untuk sukses bersama Timnas Indonesia.


Stefano Pioli

Stefano Pioli saat ini tanpa klub setelah meninggalkan AC Milan. Pengalamannya membawa AC Milan meraih gelar juara Liga Italia 2021-2022 bisa menjadi modal besar untuk membawa prestasi bagi Timnas Indonesia.(BY)