Bupati Dan Ketua DPRD Solok Selatan Menghadiri Penyampaian LHP BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023 -->

Iklan Atas

Bupati Dan Ketua DPRD Solok Selatan Menghadiri Penyampaian LHP BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023

Senin, 08 Juli 2024
Bupati Solsel Khairunas, saat akan memasuki ruang pertemuan Convension Center Jakarta. (Ist


Solsel,fajarsumbar.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Solok Selatan (Sumbar) hadiri kegiatan bersama Presiden RI. 

Bersama ketua DPRD Zigo Rolanda, Bupati Kabupaten Solok Selatan, (Sumbar) H. Khairunas menghadiri acara Penyampaian LHP BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023 dan ikhtiar pemeriksaan semester (IHPS) II tahun 2023 di Jakarta Convention Center, Senin 8/7/2024.

Dalam kesempatan tersebut, presiden RI Joko Widodo menyampaikan apresiasinya kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang telah melaksanakan tugas dan terus meningkatkan profesionalismenya dalam fungsi pemeriksaan. 

Presiden juga ucapkan selamat kepada pemerintah pusat dan juga daerah atas predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan tahun 2023.
"Sudah sering saya sampaikan bahwa WTP bukan sebuah prestasi, melainkan kewajiban kita semuanya. Kewajiban menggunakan APBN dan APBD secara baik dan kewajiban mempertanggungjawabkannya secara baik pula", pesanya. 

Terkait regulasi dan birokrasi, presiden berharap agar lebih berani dan fokus pada hasil bukan prosedur, fokus pada capaian yang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat dan juga fokus pada capaian yang membawa kemajuan bagi negara. 

Mengakhiri sambutanya, Presiden Jokowi mengharapkan dukungan BPK RI dan seluruh komponen bangsa terkait masalah peralihan pemerintahan beliau ke yang baru agar transisi tersebut berjalan dengan baik, menjaga keberlanjutan untuk membawa kemajuan bagi bangsa Indonesia. 


Laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) tahun 2023 dan ihktiar hasil pemeriksaan semester (IHPS) II tahun 2023 diserahkan secara langsung oleh kepala BPK RI. Dr. Isma Yatun, CSFA, CFrA kepada Presiden Joko Widodo disaksikan sejumlah Mentri. (Abg