Kisah Kontroversial, Empat Pemain Sepakbola yang Kecewa Gagal Raih Ballon d'Or -->

Iklan Atas

Kisah Kontroversial, Empat Pemain Sepakbola yang Kecewa Gagal Raih Ballon d'Or

Senin, 08 Juli 2024

Cristiano Ronaldo, 1 dari 4 pesepakbola yang bikin onar setelah kalah di perebutan trofi Ballon dOr. 


Fajarsumbar.id - Sebanyak empat pemain yang mengekspresikan ketidakpuasan setelah kalah dalam perebutan trofi Ballon d'Or akan kita bahas. Trofi Ballon d'Or dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi pemain sepakbola di seluruh dunia.


Banyak pemain sepakbola di seluruh dunia berlomba-lomba untuk memperebutkan trofi prestisius berbentuk bola emas ini. Beberapa di antaranya merasa kecewa karena merasa layak untuk memenangkan trofi tersebut, namun tidak berhasil. Siapa saja pemain-pemain tersebut?


Berikut adalah empat pemain yang mengekspresikan ketidakpuasan setelah kalah dalam perebutan trofi Ballon d'Or:


Wesley Sneijder (2010)

Wesley Sneijder memimpin Inter Milan meraih treble winner pada musim 2009-2010. Selain itu, sebagai playmaker utama, dia juga membawa Belanda mencapai final Piala Dunia 2010.


Namun, Sneijder tidak masuk dalam nominasi Ballon d'Or setelah kalah bersaing dengan Lionel Messi, Andres Iniesta, dan Xavi Hernandez. Sesudah itu, Sneijder menyatakan keyakinannya bahwa dia bisa mencapai prestasi lebih besar dari Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi jika dia sepenuhnya fokus pada sepakbola seperti mereka.


"Jika saya memberikan 100% hidup saya untuk sepakbola, mungkin saya akan seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Tapi, saya tidak ingin dan tidak menyesalinya," ujar Sneijder.


Franck Ribery (2013)

Franck Ribery meraih kesuksesan serupa dengan Wesley Sneijder. Dia membantu Bayern Munich meraih treble winner pada musim 2012-2013.


Secara individu, winger asal Prancis ini tampil impresif dengan mencetak 11 gol dan 23 assist dalam 44 pertandingan. Namun, Ribery kalah dalam perebutan Ballon d'Or dari Cristiano Ronaldo, yang meskipun tidak meraih gelar pada musim itu, mencatatkan 55 gol dari 55 pertandingan bersama Real Madrid.


"Saya memenangkan segalanya baik bersama tim maupun secara individu, sedangkan Cristiano Ronaldo tidak memenangkan apa pun. Saya merasa layak memenangkan penghargaan ini (Ballon d'Or). Ini semua soal politik. Ballon d'Or sudah tidak menarik minat saya lagi," kata Ribery.


Manuel Neuer (2014)

Manuel Neuer membawa Jerman meraih gelar juara Piala Dunia 2014. Dia termasuk dalam nominasi Ballon d'Or 2014 bersama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Namun, sayangnya Neuer kalah dalam persaingan dari Cristiano Ronaldo yang pada musim 2013-2014 mencetak banyak gol.


"Setelah pertandingan, semua orang hanya mengingat siapa yang mencetak gol dan memberikan assist. Mereka cenderung lupa bahwa seorang kiper juga mengambil risiko besar dalam mengatur permainan dari belakang," ucap Manuel Neuer.


Cristiano Ronaldo (2018)

Cristiano Ronaldo mencetak 44 gol dan delapan assist dalam 44 pertandingan bersama Real Madrid pada musim 2017-2018. Kontribusinya membantu Real Madrid meraih trofi Liga Champions 2017-2018.


Namun, Ballon d'Or 2018 tidak dimenangkan oleh Cristiano Ronaldo. Dia kalah dari rekan setimnya, Luka Modric, yang hanya mencetak dua gol dan sembilan assist sepanjang musim tersebut. Kelebihan nilai Modric dibandingkan Ronaldo saat itu adalah kontribusinya membawa Kroasia mencapai final Piala Dunia 2018.


"Saya sangat kecewa. Di lapangan, saya telah memenangkan segalanya untuk meraih Ballon d'Or, dan angka-angka tidak bohong," ungkap Cristiano Ronaldo.(BY)