Lisa Pisano Meninggal Setelah Terima Cangkok Ginjal Babi -->

Iklan Atas

Lisa Pisano Meninggal Setelah Terima Cangkok Ginjal Babi

Kamis, 11 Juli 2024

ilstrasi


Jakarta - Lisa Pisano, yang menerima cangkok ginjal babi, telah meninggal dunia pada Minggu (7/7) waktu setempat setelah dua bulan operasi transplantasi. Operasi tersebut dilakukan pada bulan April, termasuk operasi pompa jantung mekanis pertama di dunia.


Meskipun demikian, cangkok ginjal babi harus diangkat akibat masalah aliran darah terbatas pada akhir Mei. Operasi dilakukan di NYU Langone, yang mencatat bahwa ini merupakan cangkok pertama kali dilakukan pada manusia yang masih hidup.


Direktur NYU Langone, Robert Montgomery, mengakui keberanian Lisa Pisano sebagai penerima cangkok babi yang juga berkontribusi besar dalam pengobatan dan xenotransplantasi.


Lisa pernah berharap bahwa meskipun tidak berhasil pada dirinya, prosedur yang sama bisa membantu orang lain dalam keadaan serupa. Meskipun Lisa telah meninggal, kontribusinya terhadap pengobatan, pembedahan, dan xenotransplantasi diakui sebagai langkah signifikan dalam dunia medis.


Xenotransplantasi, prosedur yang melibatkan organ dari spesies lain seperti babi, dianggap sebagai solusi potensial atas masalah kurangnya donor organ yang tersedia. (des)