Timnas Indonesia dan Tantangan Grup C, Siapkah Garuda? -->

Iklan Atas

Timnas Indonesia dan Tantangan Grup C, Siapkah Garuda?

Senin, 01 Juli 2024

5 Negara Grup C Kualifkasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang Bantai Timnas Indonesia. 


Fajarsumbar.id - Tidak banyak yang tahu bahwa lima negara di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pernah mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor telak. Fakta ini tentu harus menjadi perhatian pasukan Shin Tae-yong agar kejadian serupa tidak terulang di babak ketiga kualifikasi nanti.


Timnas Indonesia berada di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, China, dan Bahrain. Babak ketiga akan dimulai pada 5 September 2024 dan berakhir pada 10 Juni 2025.


Timnas Indonesia akan memainkan 10 pertandingan, terdiri dari lima laga kandang dan lima laga tandang. Hanya dua tim teratas yang akan lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.


Peringkat ketiga dan keempat akan melanjutkan ke babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, sementara peringkat kelima dan keenam akan berhenti di kualifikasi ini. Mengingat perjalanan Timnas Indonesia masih panjang, Garuda harus berhati-hati agar tidak mengalami kekalahan telak lagi.


Berikut adalah lima negara di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang pernah mengalahkan Timnas Indonesia:


China

Timnas Indonesia dan China telah bertemu sejak 1957. Sejak itu, kedua tim telah bermain dalam 17 pertandingan. Pada pertemuan pertama, Timnas Indonesia menang 2-0 pada 12 Mei 1957 di Kualifikasi Piala Dunia. Namun, dari 17 pertandingan, Indonesia hanya menang tiga kali, seri tiga kali, dan kalah 11 kali. Kekalahan paling besar terjadi di Piala Asia 2004, di mana Indonesia kalah 0-5 dari China.


Arab Saudi

Menurut data dari 11v11, Timnas Indonesia memiliki catatan buruk setiap bertemu Arab Saudi. Dari total 12 pertemuan, Indonesia belum pernah menang. Arab Saudi memenangkan 11 pertandingan dan satu pertandingan berakhir seri. Kekalahan terbesar terjadi pada Kualifikasi Piala Asia 2004, di mana Indonesia kalah 0-5.


Australia

Sebagai negara tetangga dan berada dalam konfederasi yang sama (AFF), Timnas Indonesia sering bertemu Australia. Dari 19 pertemuan, Indonesia hanya menang sekali, seri tiga kali, dan kalah 15 kali. Pertandingan terbaru, Australia mengalahkan Indonesia 4-0 di babak 16 besar Piala Asia 2023. Kekalahan terburuk terjadi pada 24 Maret 1974, saat Indonesia kalah 0-6 di Kualifikasi Piala Dunia.


Jepang

Jepang adalah tim terkuat di Grup C, namun Timnas Indonesia cukup sering mengalahkan mereka dibandingkan tim lainnya. Dari 16 pertemuan, Indonesia menang lima kali, seri dua kali, dan kalah sembilan kali. Kekalahan terbesar terjadi pada Turnamen Merdeka 10 Agustus 1976, saat Indonesia kalah 0-6 dari Jepang.


Bahrain

Bahrain adalah tim terlemah kedua di Grup C setelah Timnas Indonesia berdasarkan peringkat FIFA dan pot drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Namun, Bahrain tetap merupakan lawan yang sulit. Timnas Indonesia pernah kalah 0-10 dari Bahrain pada laga Grup E Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Asia. Secara keseluruhan, dari tujuh pertemuan, Indonesia menang dua kali, seri dua kali, dan kalah tiga kali.(BY)