172 JCH Tanah Datar Laksanakan Manasik Haji Gelombang Pertama -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

172 JCH Tanah Datar Laksanakan Manasik Haji Gelombang Pertama

Selasa, 23 Maret 2021
Kakankemenag H. Syahrul lagi memberikan materi dalam Manasik Haji di Masjid Raya Lima Kaum, Selasa (23/3/21)


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Manasik Haji gelombang pertama mulai dilaksanakan, dan dibuka secara langsung Kakankemenag Tanah Datar H. Syahrul, di Masjid Raya Lima Kaum, Selasa (23/3/2021).
 

Kakankemenag dalam arahannya, sebagai Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Tanah Datar, kita harus bersyukur kepada Allah SWT karena telah terdaftar sebagai JCH untuk menunaikan rukun Islam yang kelima ibadah Haji di Tanah Suci Mekkah. 


Dengan telah terdaftarnya kita sebagai JCH Kabupaten Tanah Datar, berarti kita termasuk orang yang mampu dan berkesempatan untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah. "Walaupun keberangkatan jamaah tertunda di tahun lalu karena pandemi Covid-19, mudah-mudahan Covid-19 ini cepat berlalu, sehingga JCH Tanah Datar diberikan kesempatan untuk berangkat menunaikan ibadah Haji," ucap H. Syahrul. 


Dalam kesempatan tersebut Kakankemenag meminta para JCH Tanah Datar, untuk dapat mengikuti pembinaan manasik haji praktek tersebut dengan serius, sehingga di tanah suci nanti ibadah tersebut dapat dilaksanakan dengan lancar.


"Kepada para JCH Tanah Datar agar ikhlas melakukan ibadah Haji ini, mulai dari keberangkatan sampai kepulangan dalam melaksanakan ibadah haji tersebut," harapnya. 


Bagi JCH yang berstatus ASN untuk memberitahu kepada atasan atau pimpinan tempat bekerja saat ini, karena kita sedang melakukan manasik haji, jadi pimpinan bisa memahami ketika tidak berada di kantor. Kemuadian jalin komunikasi yang baik dengan keluarga dan jaga kekompakan, kebersamaan dan kesabaran dengan sesama JCH. 


Sementara Kasi PHU H. Erizal dalam laporannya menjelaskan, jumlah JCH tahun 2021 yang akan berangkat menunaikan ibadah Haji ke Tanah Suci sebanyak 278 orang, sudah termasuk 13 orang sebagai jamaah cadangan, pendamping dan lansia.


JCH gelombang pertama diikuti lima Kecamatan yakni, Batipuh, X Koto, Rambatan, Pariangan dan Lima Kaum, dengan jumlah 172 orang. Sedangkan untuk manasik haji gelombang kedua diikuti tujuh Kecamatan yakni, Sungai Tarab, Salimpaung, Tanjung Baru, Sungayang, Lintau Buo, Lintau Buo Utara dan Tanjung Emas dengan jumlah sebanyak 93 orang.


Pemateri yang memberikan selama berlangsungnya manasik haji ini diantaranya, Kakankemenag Tanah Datar H. Syahrul, Kasi PHU H. Erizal, Kasi Pais H. Muhammad Algafari dan H. Abrar. (fdy)