DPMPTSP-Naker Agam Beri Pelatihan 16 Anak Nagari -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

DPMPTSP-Naker Agam Beri Pelatihan 16 Anak Nagari

Senin, 29 Maret 2021

DPMPTSP-Naker Agam Beri Pelatihan 16 Anak  Nagari Salareh Aia

.


Lubuk Basung, fajarsumbar.com - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP-Naker) Kabupaten Agam beri pelatihan berbasis kompetensi terhadap 16 orang  anak Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Senin (29/3).


Pelatihan berbasis kompetensi dengan sub kejuruan servis sepeda motor konvensional ini, dibuka oleh Sekretaris DPMPTSP-Naker Agam, Widyastuti 


Widyastuti mengatakan, pelatihan ini digelar menindaklanjuti usulan pemerintah nagari pada Musrenbang 2020, yang dianggarkan melalui APBD Kabupaten Agam tahun 2021.


“Pelatihan dilaksanakan selama 30 hari dan diikuti sebanyak 16 orang peserta. Mereka merupakan anak Nagari Salareh Aia,” ujarnya.


Menurutnya, pelatihan ini upaya pemerintah daerah dalam membekali pencari kerja dengan keahlian, yang akan jadi bekal bagi mereka nanti ketika membuka usaha atau mencari pekerjaan.


“Dengan dilakukan pelatihan ini, kita berharap akan lahir pencari kerja yang memiliki kemampuan dapat dihandalkan, sehingga mereka mudah mencari pekerjaan sesuai keahlian,” sebutnya.


Kepala UPT BLK Agam, Aris Priadi hadir saat pembukaan mengatakan, hingga kini pelatihan untuk beberapa sub kejuruan masih berlangsung baik di BLK maupun di nagari.


“Setelah pelatihan peserta diberikan sertifikat bahwasanya telah ikuti kegiatan ini, sedangkan untuk menperoleh sertifikat kompeten mereka harus diuji kembali oleh pihak tertentu,” terangnya.


Dengan adanya sertifikat kompeten, katanya, bisa dijadikan sebagai syarat untuk mencari pekerjaan sehingga pihak yang akan menerima tidak meragukan lagi keahlian yang dimiliki.(Yanto)